28 September 2020, 12:10 WIB

Tingkatkan Penanganan Penyakit Jantung, RS Perlu Cath Lab


Eni Kartinah | Nusantara

DENGAN jumlah penderita penyakit jantung yang terus meningkat di Tanah Air, maka dibutuhkan perangkat pendukung dalam memberi pelayanan kesehatan jantung dan pembuluh darah seperti pengadaan alat Cath Lab.

Cath Lab atau kateter jantung dan angiografi adalah suatu tindakan medis atau prosedur diagnostik invansif yang berfungsi untuk mendeteksi penyumbantan atau sumbatan pembuluh darah jatung atau koroner.  

Dalam peresmian pengoperasian Cath Lab di dilakukan Siloam Hospitals Jambi, Wakil Wali Kota Jambi, Dr.dr.H.Maulana, MKM menyambut baik upaya rumah sakit di Jambi guna peningkatan pelayanan kesehatan khususnya kualitas layanan katerisasi jantung.

" Dengan adanya peningkatan layanan ini, tumbuh kembali harapan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di Kota Jambi. Semoga hal ini dapat memacu pihak lain guna meningkatkan layanan yang dibutuhkan masyarakat," kata Wakil Bupati Jambi.

Sementara itu, Andry Sjamsu, EMBA, MARS, MM. CEO RS Siloam Jambi menjelaskan dalam pengoperasian Cath Lab, menggunakan metode  sinar-X untuk menampilkan gambaran pembuluh darah di berbagai organ tubuh. 

“Misalnya, jantung untuk melihat adanya pontesi sejumlah  penyakit, sumbatan, penyempitan, ataupun pelebaran pada organ pembuluh darah dari pasien,” tutur Andry pada ketarangan pers, Senin (29/9).

Alat yang digunakan dalam Cath Lab, menurut Andry,  dapat menghasilkan gambaran pembuluh darah secara rinci. Tindakan layanan melalui alat Cath Lab sangat membantu kinerja dokter spesialis secara akurat dalam penanganan operasi atau Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

Secara umum Cath Lab digunakan untuk prosedur jantung, seperti angiografi koroner dan pemasangan stent. Di samping itu, Cath Lab juga bisa dimanfaatkan oleh bidang lain seperti radiologi intervensi, bedah saraf, bedah tulang, dan lain-lain.

“Cath Lab yang dimiliki Siloam Hospitals Jambi merupakan Alat yang berasal dari Phillips Allura Xper FD20 dengan spesifikasi untuk semua spektrum tindakan intervensional jantung dan pembuluh darah,” paparnya.

"Pengadaan alat Cath Lab di Siloam Hospitals Jambi merupakan upaya PT Siloam International Hospitals Tbk., guna peningkatan layanan khususnya di Kota Jambi,” ucap Andry.

“Sebelumnya, melalui Cath Lab ini, rumah sakit Siloam Jambi telah berhasil menangani lima pasien untuk tindakan kateterisasi jantung dan pemasangan stent koroner. Karena adanya Pandemi, kegiatan peresmian baru dapat kami lakukan saat ini. Harapan kami, melalui alat Cath Lab ini, kualitas kesehatan bagi pasien di Jambi semakin membaik," jelasnya. (Nik/OL-09)

BERITA TERKAIT