28 September 2020, 11:43 WIB

Target Peningkatan Kapasitas Sungai di DKI Harusnya 20%


Hilda Julaika | Megapolitan

DINAS Sumber Daya Air DKI Jakarta menargetkan peningkatan kapasitas pengerukan sungai/waduk hingga akhir tahun mencapai 11%. Hal ini dilakukan sebagai bentuk aktivitas rutin pemerintah dalam mengantisipasi banjir. Namun, menurut pengamat Tata Kota Nirwono Joga seharusnya target peningkatan kapasitas ini bisa mencapai 20% per tahun. Sehingga untuk mencapai 100% bisa dituntaskan dalam waktu 5 tahun.

"Target peningkatan kapasitas harusnya lebih signifikan misal per tahun 20% sehingga pada tahun ke 5 bisa mencapai 100%," kata Nirwono saat dihubungi Media Indonesia, Senin (28/9).

Adapun untuk mewujudkan peningkatan 20% tersebut diperlukan terobosan yang berani lainnya. Seperti harus dilakukan pelebaran badan sungai dari 15m-20m menjadi 35m-50m. Artinya tidak hanya melakukan pengerukan saja untuk menambah kapasitas sungai/waduk ini.

Selain itu, perlu juga ada penghijauan di bantaran kali dari hulu ke hilir sungai. Tujuannya agar sedimentasi sungai dapat ditekan sehingga pengerukan juga bisa berkurang. Dampaknya relokasi pemukiman di bantaran kali ke rusun terdekat  wajib dilakukan. Meski begitu, pihaknya tak menampik adanya pandemi covid-19 ini membuat target antisipasi banjir ini menjadi tidak maksimal. Karena ada keterbatasan dana yang dialihkan untuk menangani pandemi covid-19.

"Kondisi pandemi bisa jadi membuat target tidak bisa maksimal. Dana menjadi terbatas, kalau tenaga masih cukup," jelasnya.

baca juga: Musim Hujan, Daya Tampung Waduk dan Sungai di DKI Ditingkatkan

Pihaknya mengingatkan kembali, pengerukan sungai, waduk, dan saluran air adalah kegiatan rutinitas yang memang harus dilakukan Sinas SDA sepanjang tahun. Bahkan ia berpandangan harusnya aktivitas ini ditingkatkan ketika musim kemarau sehingga memasuki musim hujan saluran air dapat lebiih siap. Bukan justru ketika masuk hujan baru lebih digiatkan. 

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengendalian Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas SDA DKI Ika Agustin Ningrum mengatakan dari pengerukan yang dilakukan itu ditargetkan penambahan kapasitas daya tampung keseluruhan sungai, waduk, situ, dan saluran capai 11%.

"Sampai dengan Desember ini kami akan menaikkan kapasitas sungai dan saluran kurang lebih 11%," kata Ika saat dikonfirmasi, Minggu (27/9). (OL-3)


 

BERITA TERKAIT