28 September 2020, 10:31 WIB

Presiden: Tekan Angka Kematian, Perbaiki Jumlah Kesembuhan


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan kepada Komite Penanganan Covid-19 untuk terus menekan angka kematian akibat pandemi. Saat ini, berdasarkan data yang dihimpun, rata-rata kematian di Indonesia sebesar 3,77%. Meskipun sudah turun dari bulan sebelumnya yang kala itu mencapai 4,33%, angka kematian di Tanah Air masih lebih tinggi dari rata-rata dunia yang hanya 3,01%.

"Ini menjadi tugas kita besama untuk menekan lagi agar rata-rata kematian di negara kita bisa terus menurun," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Senin (28/9).

Selain itu, yang masih harus terus diperbaiki adalah jumlah kesembuhan. Di Indonesia, rata-rata kesembuhan masih berada di level 73,76%. Angka tersebut sedikit lebih rendah dari rata-rata kesembuhan dunia yakni 73,85%.

baca juga: Presiden: PSBB Merugikan Banyak Orang

"Oleh sebab itu, standar untuk pengobatan, semua sudah diperintahkan untuk mengacu pada standar yang diberikan Kementerian Kesehatan, baik itu ICU, ruang isolasi dan wisma karantina. Ini penting sekali agar angka kematian semakin menurun, kemudian angka kesembuhan akan semakin lebih baik lagi," tandasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT