28 September 2020, 10:05 WIB

Banyak Jemaah Lansia, PPHUT Perlu Dilengkapi Lift


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

KEMENTERIAN Agama terus berinovasi dalam meningkatkan mutu pelayanan bagi seluruh jemaah haji. Salah satu upaya yang dilakukan yakni membangun Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di setiap Kantor Kemenag Kabupaten/Kota yang dilengkapi dengan lift.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali meminta agar fasilitas lift juga ditambahkan dalam pembangunan PLHUT. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mobilisasi jemaah yang lanjut usia. "Saya berpikir, jemaah haji yang memakai kursi roda atau lansia akan kesulitan jika harus menaiki tangga ke lantai dua. Padahal, data jemaah kita yang lansia lebih dari 50%," kata Nizar dalam pernyataan tertulis, Senin (28/8).

Menurut Nizar, selain membantu jemaah lansia, keberadaan lift juga bisa digunakan untuk memperlancar proses distribusi air zamzam. Selama ini, air zamzam dibagikan dari kabupaten setibanya mereka di bandara. "Fasilitas lift akan sangat membantu saat meletakkan zamzam di atas aula sehingga lebih mudah untuk pendistribusiannya dan tidak mengganggu pelayanan yang ada di lantai 1. Kalau bisa mengadakan lift, PLHUT akan mempunyai fungsi lebih baik," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Kemenag Kabupaten Sragen Mustain Ahmad melaporkan, proses pembangunan PLHUT di Kabupaten Sragen sudah mencapai 53,2 persen. PLHUT Kemenag Kab Sragen akan dilengkapi ruang laktasi, ruang bermain, tempat parkir yang luas dan pergola. "Kami akan berusaha mengikuti rencana sesuai dengan yang sudah kami buat," tandasnya.(H-1)

BERITA TERKAIT