28 September 2020, 00:10 WIB

Julian Alaphilippe Rebut Gelar Juara Dunia Sepeda Jalan Raya


Ghani Nurcahyadi | Olahraga

PEMBALAP Prancis Julian Alaphilippe sukses meraih gelar juara dunia balap sepeda usai menjuarai Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Jalar Raya yang digelar di Imola ,Emilia-Romagna, Italia, Minggu (27/9). Alaphilippe menjadi yang tercepat dalam balapan yang menempuh jarak lebih dari 200 kilometer itu.

Alaphilippe sukses mengkalkulasi strategi untuk melepaskan diri dari peloton di tanjakan Cirna Gallisterna, 12 km jelang finis di Sirkuit Imola. Meski dikejar peloton besar pembalap, Alaphilippe sukses mempertahankan posisi terdepannya hingga gars finis.

Di posisi kedua, pembalap Belgia Wout Van Aert sukses merebutnya usai beradu sprint jelang finis dengan pembalap Swiss Marc Hisrchi yang finis di urutan ketiga.

"Saat ini sulit untuk mengatakan sesuatu. Tapi saya berterima kasih kepada tim yang telah memberikan kepercayaan pada saya hari ini. Semua melakukan pekerjaan dengan baik dan pencapaian ini bagaikan mimpi yang terwujud bagi saya," kata Alaphilippe usai lomba dikutip dari Cyclingnews.

Baca juga : Menang di Catalunya, Quartararo Makin Mantap di Puncak Klasemen

Tanjakan di Cirna Gallisterna sesuai prediksi para komentator menjadi penentu dalam balapan kejuaraan dunia sepeda jalan raya kali ini. Di tempat itu, 25 pembalap menjadi peloton terdepan dengan pembalap Belgia Greg Ban Avermaet memimpin di depan.

Balapan di tanjakan itu pun jadi bukti kekuatan masing-masing pembalap yang kini membela negara masing-masing usai bertarung menggunakan bendera tim di Tour de France yang berakhir awal bulan ini. Alaphilippe mampu memimpin lomba jelang puncak tanjakan. ia pun sukses memperbesar keunggulannya dengan memanfaatkan jalur menurun yang panjang usai menanjak.

Bagi Alaphilippe ini merupakan gelar juara dunia pertamanya. Ia juga menjadi pembalap Prancis pertama sejak 1997 yang meraih gelar juara dunia sepeda jalan raya. (Cyclingnews/OL-7)

BERITA TERKAIT