27 September 2020, 23:14 WIB

Musim Hujan, Daya Tampung Waduk dan Sungai di DKI Ditingkatkan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DINAS Sumber Daya Air DKI Jakarta terus menggencarkan pengerukan waduk, sungai, saluran penghubung baik mikro maupun makro selama jelang musim hujan ini. Pengerukan yang dinamakan program 'Grebeg Lumpur' ini akan dilakukan sampai Desember mendatang.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas SDA DKI Ika Agustin Ningrum mengatakan dari pengerukan yang dilakukan itu ditargetkan penambahan kapasitas daya tampung keseluruhan sungai, waduk, situ, dan saluran capai 11%.

"Sampai dengan Desember ini kami akan menaikkan kapasitas sungai dan saluran kurang lebih 11%," kata Ika saat dikonfirmasi, Minggu (27/9).

Pengerukan ini, kata Ika, berkorelasinya dengan sedimen yang diangkat sehingga meningkatkan kapasitas tampungan kali dan saluran.

Baca juga : Jakarta Berpotensi Hujan Lebat 3 Hari Ke Depan

Di sisi lain, Sebelumnya, Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan selain melakukan pengerukan, pihaknya sudah melakukan persiapan pengendalian banjir dengan menyiapkan pompa-pompa stasioner di 178 lokasi rumah pompa.

Dari jumlah 478 unit pompa baik pompa mobile maupun stasioner menurutnya ada beberapa unit yang memerlukan pemeliharaan rutin.

"Jumlahnya mungkin 2%-3%. Pasti ada yang sedang membutuhkan perawatan. Tapi sisanya yang lain masih cukup untuk mengendalikan banjir," tukasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT