27 September 2020, 22:55 WIB

Juara GP Rusia, Bottas Pangkas Selisih Poin di Klasemen Pembalap


Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

PEMBALAP Mercedes Valtteri Bottas mampu memaksimalkan pinalti yang diterima rekan setimnya Lewis Hamilton dan memenangkan Grand Prix Rusia. Dengan kemenangan ini peluangnya untuk juara dunia terbuka lebar.

Bottas mengamankan kemenangan keduanya musim ini dan peringkat pertama sejak pembukaan musim di GP Australia. Rekan setimnya Hamilton memang terkena pinalti 10 detik karena membuat dua pelanggaran saat latihan sebelum balapan.

Akibat hukuman tersebut Hamilton diberikan dua pinalti terpisah yang masing masing lima detik yang membuatnya berada di posisi 11 setelah menjalani hukumannya di pit stop.

Pembalap Inggris ini kemudian mampu pulih dan menempati posisi ke tiga di podium setelah pembalap Red Bull Max Verstappen dan Bottas yang memanfaatkan kesalahan yang jarang dilakukan Hamilton.

Kemenangan ini sangat berpengaruh bagi Bottas yang mengurangi selisih 55 poin menjadi 44 poin setelah mendapatkan tambahan 11 poin. Dengan masih adanya tujuh seri tersisa dari musim 2020.

Baca juga : The Doctor Tak Sabar Jajal Sirkuit Mandalika

Hamilton sempat menahan serangan Bottas diawal hingga gesekan pada awal balapan yang kemudian diinteruspsi oleh mobil safty yang mehentikan sementara persaingan keduanya. Kecelakaan awal balapan juga membuat pe,balap McLaren Carlos Sainz and Lance Stroll menghentikan balapan setelah disenggol Charles Leclerc dari Ferarri.

Hamilton yang frustasi karena pinaltinya dan mengacuhkan tim order dari Mercedes untuk masuk pit akhirnya harus kehilangan posisinya setelah masuk ke pit pada lap ke 16. Hamilton mampu untuk mengamankan podium tetapi gagal menyamai rekor kemenangan Michael Schumacher.

Di sisi lain Sergio Perez mengamankan peringkatnya di posisi ke empat untuk poin balapan, unggul dari pembalap Renault Daniel Ricciardo dan Lecler. Ini sekaligus mencatatkan peringkat tertinggi Ferarri sejak mengamankan peringkat empat di peringatan 70 tahun Grand Prix.

Sedangkan Esteban Ocon sukses mengatasi upaya menyalip Daniil Kvyat yang harus puas di posisi ke tujuh dan rekan timnya dari AlphaTauri Pierre Gasly di posisi ke sembilan. (Crash/OL-7)

BERITA TERKAIT