27 September 2020, 12:25 WIB

Menangkap Peluang Bisnis di Masa Sulit


Mediaindonesia.com | Ekonomi

DI tengah kelesusan ekonomi akibat pandemi covid-19, tetap ada peluang bisnis yang bisa jadi sumber pemasukan. Seperti yang dilakukan Nerissa Natalie, perempuan berusia 24 tahun lulusan salah satu perguruan tinggi ternama itu tak segan berjualan gorengan, tepatnya bakwan.

Tidak tanggung-tanggung, dalam sehari, rata-rata ia bisa menjual 700 buah bakwan dengan omzet sekitar Rp1,5 juta per hari. Menurut Nerissa, rahasianya adalah produk yang dia jual hasil modifikasi dari bakwan yang dijual kebanyakan. Bakwan yang mengusung merk Bakwan Day! itu merupakan jajanan kekinian yang terinspirasi dari bakwan Pontianak. Bahan utamanya terigu, seperti bakwan tradisional tapi bentuknya bulat cantik, kulit luarnya renyah, tekstur bagian dalamnya lembut, dengan rasa gurih nikmat. Bakwan Day! terdiri dari tiga varian, yakni, rebon,teri, dan pepperoni.

Baca juga: UMKM Punya Peran Atasi Potensi Krisis di Tengah Pandemi

“Saya tertarik karena model bisnisnya franchise dengan sistem yang mantap dan produknya oke banget. Seperti bakwan tradisional kesukaan banyak orang, tapi dalam versi yang lebih enak dan bersih. Bagi saya, ini menjadi salah satu cara untuk tetap bertahan di masa seperti ini,” ujar Nerissa yang juga pekerja kantoran.

Icha, begitu ia kerap disapa, memilih untuk berjualan di kawasan Thamrin karena lokasinya yang cukup strategis. “Untuk  berjualan, faktor lokasi sangat menentukan. Nah, kebetulan lokasi ini masih punya teman saya. Tempatnya mudah dijangkau, daerah perkantoran dan juga dekat dengan pusat perbelanjaan,” lanjut Icha yang semasa kuliah juga pernah menekuni bisnis makanan.

“Untuk teman-teman yang mau memulai bisnis, tidak perlu malu membuka bisnis gerobak seperti Bakwan Day!. Menjalankan bisnis Bakwan Day! Ini cukup mudah, karena SOP dan manualnya cukup lengkap, pas buat pebisnis pemula.”

Bakwan Day! sendiri merupakan merk yang dikembangkan PT Otewe Maju Bersama. Mereka membuka cabang pertama di Kelapa Gading, Jakarta pada 9 September 2020, menyusul kemudian di kawasan Thamrin dan Fatmawati, Jakarta. “Bakwan Day! memilih sistem kemitraan (franchisee) yang dapat dijalankan oleh banyak orang karena sistem manajemennya yang mudah dengan modal terjangkau,” kata Marketing Communication PT Otewe Maju Bersama, Akhdan Habibie Darwis.

Selain memiliki menu bakwan tiga varian, desain gerobaknya yang unik juga menjadi daya tarik tersendiri. Gerobak Bakwan Day! memiliki desain yang eye catching, yang memperkuat image sebagai gorengan yang kekinian. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT