27 September 2020, 12:43 WIB

PWI Beri Penghargaan Kepada 11 Tokoh di Jateng


Haryanto | Nusantara

PUNCAK  Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 Tingkat Jateng dan HUT ke-74 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberikan penghargaan kepada 11 tokoh  atas kiprah, dedikasi dan sumbangsih pada bangsa dan negara. Termasuk Provinsi Jawa Tengah, melalui tugas, pengabdian, dan profesi masing-masing di Arcadia Ballroom Aston In Jl Pandanaran No 40 Semarang, Sabtu (26/9/) malam.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud mengatakan sebagai organisasi profesi kewartawanan yang mengamati, mencatat, dan memberi penilaian terhadap kinerja perseorangan maupun lembaga. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah merasa perlu untuk mewujudkan pengakuan itu sebagai apresiasi terhadap ketokohan, kreasi, keteladanan, dan kepemimpinan yang dirasakan oleh masyarakat dalam lingkup tertentu.

"Tujuan mengapresiasi itu adalah ikhtiar untuk menumbuhkan inspirasi atau keteladanan, agar apa yang dicapai oleh para tokoh dapat menciptakan atmosfer kepengikutan. Contoh-contoh pikiran, ide, dan perilaku dari sebuah keteladanan diharapkan mampu untuk mengembangkan dan membangun hal-hal baik yang bermanfaat bagi masyarakat,"™ ujar Amir yang baru saja terpilih kembali memimpin PWI Jateng periode 2020-2025 itu.

Para penerima penghargaan, yakni Ketua DPRD Jateng Bambang Kusriyanto yang biasa dipanggil Bambang Krebo (BK), untuk kategori inovasi parlemen moderen dan implementasi gagasan tv digital, yakni Berlian TV.

Penghargaan bidang hukum diberikan kepada pakar hukum dari Universitas Diponegoro Benny Riyanto yang menjabat Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN). Bidang legislasi dan perjuangan nasib petani diberikan untuk Firman Soebagyo anggota DPR RI Partai Golkar, politisi asal Pati yang menjadi salah satu tokoh sentral dalam pembuatan dan inisiasi legislasi di Senayan.

Pengusaha jamu Sido Muncul Irwan Hidayat mendapat penghargaan atas inovasi mengangkat harkat jamu tradisional menjadi favorit publik dan merambah dunia internasional. Serta kepedulian sosial yang intens bagi kaum marjinal, khususnya anak-anak penderita kanker.

Penghargaan bidang inovasi pemerintahan daerah dan pelayanan publik di daerah diberikan kepada para pemimpin muda, yang berhasil melakukan inovasi dan terobosan dalam pelayanan publik dan perubahan birokrasi, yakni Wihaji, (Bupati Batang), Saiful Arifin (Wakil Bupati Pati), dan Bayu Andriyanto (Wakil Bupati Rembang).

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang akrab disapa Mbak Ita, mendapat penghargaan atas dedikasinya sebagai tokoh perempuan yang melakukan inovasi dalam birokrasi pemerintahan di Kota Semarang.

Untuk kategori inovasi dalam bidang kamtibmas, penghargaan diberikan kepada Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan berkat inovasi dalam penggunaan hipnoterapi kepada para pelaku kriminal. Untuk bidang pendidikan, penghargaan diberikan untuk Gunarto, Dekan FH Unissula yang berperan aktif menggagas pendidikan jurnalistik untuk mahasiswa hukum di kampusnya.

baca juga: Alat EWS UGM Diklaim Mampu Deteksi Gempa Tiga Hari Sebelum Terjadi

Sedangkan untuk bidang sport tourism, penghargaan diberikan pada Liem Chie An. Ia adalah penggagas Borobudur Marathonyang konsisten menggelar event olahraga berkelas internasional, sehingga menjadi event yang mampu mendukung pariwisata di Tanah Air, khususnya Jawa Tengah. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT