27 September 2020, 12:38 WIB

Klaster Ponpes Dominasi Tambahan Kasus Positif Covid-19 di Kebumen


Lilik Darmawan | Nusantara

Dalam dua hari terakhir, kasus Covid-19 di Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) mengalami lonjakan signifikan. Secara total, ada tambahan 114 kasus. Rinciannya Jumat sebanyak 92 kasus dan 22 lainnya pada Sabtu. Dari 114 kasus, 76 kasus di antaranya terkait dengan klaster pondok pesantren (ponpes) di Kebumen.

Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen Cokro Aminoto mengatakan bahwa dalam dua hari terakhir memang kasus Covid-19 mengalami lonjakan signifikan. 

"Pada Jumat, misalnya, ada kenaikan hingga 92 kasus. Dari jumlah tersebut, 66 di antaranya merupakan kasus penularan di pondok. Sedangkan pada Sabtu, ada tambahan 22 kasus positif  Covid-19, 10 di antaranya merupakan santri pondok," jelas Cokro, Minggu (27/9).

Dijelaskannya, selain ada tambahan kasus positif, ada tiga tambahan korban meninggal dunia. Sehingga secara keseluruhan, kasus Covid-19 di Kebumen sebanyak 604 kasus, 272 di antaranya telah sembuh, 17 pasien meninggal dunia dan 315 masih dilakukan perawatan. 

"Kasus positif tersebut ada yang dirawat di sejumlah RS. Namun ada juga yang melakukan isolasi mandiri," lanjutnya. 

baca juga: Pasien Positif Covid-19 di Klaten Melaju

Ada sejumlah langkah yang dilakukan di antaranya adalah melaksanakan sterilisasi di lokasi-lokasi  ada pasien positif Covid-19. 

"Khusus untuk di ponpes, Tim Gugus Tugas telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Di antaranya adalah melakukan karantina total terhadap para santri di ponpes yang santrnya positif. BPBD Kebumen sudah menyiapkan logistik untuk para santri yang diisolasi tersebut," ¬Ějelasnya. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT