27 September 2020, 08:56 WIB

KPK Sebut 2016 Terbanyak Pegawai Mengundurkan Diri


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tidak kaget 31 pegawainya yang mengundurkan diri. Pasalnya 2016 lebih parah, tercacat 46 orang mundur dari gelanggang pemberantasan rasuah.

"Pegawai mundur sejak tahun 2016 juga ada bahkan paling banyak ada 46 orang dan selama kurun waktu tersebut hingga kini KPK masih tetap bekerja sesuai tupoksinya," ungkap Pelaksanaan Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada mediaindonesia.com, Minggu (27/9).

Menurut dia, sebagai sebuah organisasi, pengunduran diri pegawai merupakan sesuatu yang wajar. Periode 2016 tercatat sebanyak 46 orang terdiri dari pegawai Tetap 16 dan pegawai tidak tetap 30 yang keluar dari KPK. Pada 2017, sebanyak 26 orang terdiri dari pegawai tetap 13 dan pegawai tidak tetap 13 juga memutuskan hal serupa. Tahun berikutnya sebanyak 31 orang terdiri dari 22 pegawai tetap dan 9 pegawai tidak tetap balik kanan atau resign dari KPK.

"Pada 2019 sebanyak 23 orang terdiri dari 14 orang pegawai tetap dan 9 orang pegawai tidak tetap dan tahun ini atau hingga September ada 31 orang terdiri dari 24 pegawai tetap dan 7 pegawai tidak tetap yang balik kanan dari KPK," paparnya.

Alasan pengunduran diri tersebut beragam, lanjut dia. Namun lebih banyak yang mengaku ingin mengembangkan karir di luar instansi KPK. Lembaga ini mendukung pegawai yang ingin mengembangkan diri di luar organisasi.

Bahkan mendorong alumni KPK mereka menjadi agen antikorupsi berbekal pengalaman sebelumnya. 

baca juga: Pejuang tidak Tinggalkan Gelanggang

"Keputusan untuk keluar dari lembaga atau bertahan di lembaga untuk tetap berjuang dari dalam menjaga KPK sebagai garda terdepan dalam pemberantasan korupsi di tengah kondisi yang tidak lagi sama, adalah pilihan yang kami semua pahami sama-sama tidak mudah," paparnya.

Oleh karenanya kedua pilihan tersebut harus dihormati. 

"Jumlah pegawai KPK hingga saat ini mencapai 1603 orang terdiri dari 245 PNS yang dipekerjakan dari berbagai kementrian/lembaga dan pegawai tetap 984 dan pegawai tidak tetap 364," tutupnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT