27 September 2020, 08:01 WIB

Uji Klinis Vaksin AS Tunjukkan Respons Kekebalan Kuat Lawan Korona


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PERUSAHAAN farmasi dan perangkat medis Amerika Serikat Johnson and Johnson telah mengembangkan vaksin yang dalam uji coba awal menunjukkan respons kekebalan yang kuat terhadap virus korona baru dengan dosis tunggal. Perkembangan itu dilaporkan Kantor Berita Sputnik mengutip laporan sementara yang diterbitkan di situs medis medRxiv.

"Profil keamanan dan imunogenisitas setelah hanya satu dosis mendukung untuk pengembangan klinis lebih lanjut (vaksin) Ad26.COV2.S pada tingkat dosis 5x1010 vp, sebagai vaksin yang berpotensi melindungi terhadap covid-19," kata laporan itu.

"Dosis tunggal Ad26.COV2.S menimbulkan respons humoral yang kuat di sebagian besar penerima vaksin," tambah laporan tersebut.

baca juga: Madrid Kembali Jadi Episentrum Covid-19

Vaksin Johnson and Johnson adalah vaksin keempat di Amerika Serikat yang memasuki fase terakhir uji klinis. Presiden Donald Trump telah berjanji 100 juta dosis vaksin akan didistribusikan ke seluruh Negeri Paman Sama pada akhir tahun ini. Trump mengatakan vaksin dapat tersedia untuk didistribusikan sebelum Pilpres pada 3 November. (Bernama/OL-3)

BERITA TERKAIT