27 September 2020, 07:50 WIB

Biden: Sebelum Pilpres Senat AS Jangan Tetapkan Calon Hakim Agung


Nur Aivanni | Internasional

KANDIDAT Presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden pada Sabtu (26/9) meminta Senat AS untuk tidak mengonfirmasi calon Hakim Agung yang diajukan Presiden Donald Trump hingga setelah pemilihan presiden pada 3 November mendatang.

"Senat seharusnya tidak bertindak atas kekosongan ini sampai rakyat Amerika memilih presiden dan Kongres berikutnya," kata Biden, seperti dikutip dari AFP. 

Pernyataan Biden beberapa saat setelah Trump mengumumkan calon yang ia pilih, Amy Coney Barrett untuk menggantikan almarhum Ruth Bader Ginsburg. Trump memperkirakan bahwa Barrett, seorang konservatif, akan mendapatkan konfirmasi yang sangat cepat di Senat yang dikendalikan Partai Republik. Dalam sebuah pernyataan, Partai Demokrat mengatakan Barrett memiliki rekam jejak tertulis yang tidak setuju dengan keputusan Pengadilan untuk menegakkan Undang-Undang Asuransi Kesehatan yang dikenal sebagai Obamacare yang diadopsi ketika Biden menjadi wakil presiden.

baca juga: Rayu Kulit Hitam, Trump Janjikan Juneteenth sebagai Hari Libur

Trump, kata Biden, telah mencoba untuk mengakhiri Obamacare selama empat tahun, tetapi dua kali Mahkamah Agung menjunjung tinggi hukum sebagai konstitusional.

"Bahkan sekarang, di tengah pandemi global ini, pemerintahan Trump meminta Mahkamah Agung untuk membatalkan seluruh undang-undang, termasuk perlindungannya bagi orang-orang dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya," kata Biden. (OL-3)

BERITA TERKAIT