27 September 2020, 06:15 WIB

Outer Pelindung Diri


(Pro/M-1) | Weekend

TIDAK hanya tenaga medis, masyarakat umum juga banyak yang merasa membutuhkan busana yang dapat melindungi diri dari paparan kuman dan virus. Hal ini terutama dirasakan oleh mereka yang sering bepergian dengan kendaraan umum.

"Pengen deh punya jaket atau luaran gitu yang bisa untuk melindungi baju saat naik kereta atau ojek. Nanti sampai kantor tinggal disemprot disinfektan lalu digantung. Dipakai lagi pas pulang," ujar Manda, satu karyawan di Jakarta, yang masih mendapat giliran piket masuk kantor, beberapa hari dalam seminggu.

Jaket atau baju luaran (outer) yang sesuai keinginannya sebenarnya sudah diproduksi beberapa label busana di Tanah Air. Bahkan di awal pandemi, desainer senior Anne Avantie sudah merilis jaket pelindung dengan bahan plastik atau disebut juga outer pelindung diri atau jaket pelindung diri (JPD) yang terinspirasi dari alat pelindung diri (APD).

Salah satu label yang terus memproduksi outer macam itu ialah toko daring yang bernama Ariani Ariana. "Iya, jadi ini memang bisa digunakan oleh tenaga medis, tetapi juga sangat bisa digunakan oleh masyarakat umum juga," ujar Alya Tjori, Pemilik Ariani Ariana, ketika dihubungi, Selasa (22/9).

Saat memulai usaha JPD pada Juli 2020, Ariani Ariana mengeluarkan sejumlah model, mulai jas, gaun, hoodie, hingga kaftan. Setiap model memiliki beberapa pilihan ukuran layaknya baju umumnya. "Jadi, bisa tetap bagus dan sesuai ukuran tubuh ketika dipakai, tidak kebesaran seperti jas atau APD biasanya," ujar Alya.

Untuk motif, produk-produk Ariani Ariana sangat kental dengan sentuhan batik. Sebab JPD, memerlukan proses yang lebih rumit dalam penjaitan demi keamanan, motif umumnya terletak di bagian ujung APD seperti lengan, bagian bawah, atau saku.

Sebagai material, digunakan bahan mika transparan yang bisa dicuci dan disetrika. Alya menjelaskan, untuk membersihkan APD Ariani Ariana, disarankan dilakukan dengan menyempotkan air secara langsung, bukan merendamnya. Proses setrika dapat dilakukan dengan melapisi APD dengan kain dan dengan suhu yang tidak terlalu panas. "Jadi, ini upaya kita juga untuk memutus mata rantai penyebaran virus tapi juga masih bisa tetap fashionable dan kekinian," tukasnya. APD Ariani Ariana dijual secara daring di Instagram dan e-commerce dengan kisaran harga Rp250 ribu--Rp285 ribu. (Pro/M-1)

BERITA TERKAIT