27 September 2020, 05:43 WIB

Penalti Telat Fernandes Penentu Kemenangan MU


Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola

BRUNO Fernandes menjadi penentu. Gol yang dilesakkan penyerang Portugal lewat penalti di menit ke-100 memastikan kemenangan pertama Manchester United di ajang Liga Primer musim ini, tadi malam.

Gol Fernandes membuat anak asuh Ole Gunnar Solskjaer menang 3-2 atas tuan rumah Brighton and Hove Albion. Hasil yang melegakan setelah kekalahan mengejutkan dengan skor 1-3 dari Crystal Palace, akhir pekan lalu.

The Seagulls--julukan Brighton--tidak beruntung karena lima kali tendangan pemainnya membentur tiang. Bahkan satu poin bakal menjadi milik mereka setelah sundulan Solly March di menit ke-95 membuat skor menjadi imbang 2-2.

Namun, bola yang menyentuh tangan Neal Maupay menjadi petaka bagi Brighton kendati wasit Chris Kavanagh sudah meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga. Ternyata dari analisis video pembantu wasit (VAR), pengadil pertandingan kemudian menunjuk titik putih dan dieksekusi dengan sempurna oleh Fernandes.

Di awal laga, Setan Merah tertinggal dulu akibat penalti Neal Maupay di menit ke-40. Tim tamu kemudian membalikkan keadaan melalui gol bunuh diri Lewis Dunk di menit ke-43, serta sumbangan striker Marcus Rashford di menit ke-55.

Di bagian lain, pelatih Manchester City Pep Guardiola mengklaim hanya memiliki 13 pemain senior yang fit saat menghadapi Leicester City pada laga lanjutan Liga Primer, malam ini.

Sergio Aguero, Bernardo Silva, Joao Cancelo, dan Oleksandr Zinchenko telah absen karena cedera. Dua pemain, yakni Ilkay Gundogan dan Aymeric Laporte, tidak dapat tampil karena positif terpapar covid-19.

Guardiola terpaksa mengandalkan pemain muda untuk kemenangan 2-1 atas Bournemouth di Piala Liga Inggris, Kamis (24/9), dan berharap kembali menggunakan pemain jebolan akademi klub.

“Situasi yang kami hadapi saat ini, kami hanya memiliki 13 pemain yang tersedia di tim utama,” kata Guardiola. “Kami membutuhkan pemain akademi, bukan hanya untuk sesi latihan. Mereka bisa dipilih selama pertandingan,” jelas juru taktik asal Spanyol itu.

Pep bahkan sudah memplot striker berusia 17 tahun Liam Delap mengisi posisi yang ditinggalkan Aguero selama delapan pekan karena pemulihan selepas operasi lutut. Apalagi, bomber the Citizens--sebutan City--asal Brasil Gabriel Jesus juga cedera seperti diungkapkan pihak timnas Brasil yang tidak bisa menggunakan jasa pemain berusia 23 tahun itu.

Ujian Pirlo

Dari ajang Seri A Italia, pelatih baru Juventus Andrea Pirlo menghadapi ujian besar pertama mereka musim ini ketika tim juara bertahan itu menghadapi AS Roma, dini hari nanti.

Juventus memulai upaya mereka untuk gelar Seri A sepuluh tahun tanpa putut dengan kemenangan 3-0 atas Sampdoria. Hasil itu menjadi kemenangan bagi Pirlo dalam pertandingan pertamanya saat ia menduduki bangku pelatih.

Namun, pelatih berusia 41 tahun itu akan menghadapi akhir pekan kedua yang sulit di Stadio Olimpico melawan tuan rumah AS Roma. Apalagi, tim Srigala Ibu Kota itu masih sakit hati setelah drama kekalahan dari Verona pada laga pertama.

Namun, gelandang Juventus Aaron Ramsey merasa tim bermain penuh semangat. “Perubahan telah memberikan dorongan baru bagi klub. Saat kami berlatih, kami bersenang-senang,” ucapnya. (AFP/R-2)

BERITA TERKAIT