27 September 2020, 01:48 WIB

Masih Saja Ada Pengendara tak Bermasker Terjaring Razia


Heri Susetyo | Nusantara

MASIH ada saja pengendara di Kabupaten Sidoarjo yang menyepelekan disiplin protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi covid-19.

Hal itu terlihat dengan terjaringnya 12 pengendara yang tidak mengenakan masker, saat operasi yustisi di Simpang Tiga Perumahan Gading Fajar Sidoarjo, Sabtu malam (26/9). Padahal petugas gabungan Polri, TNI dan Satpol PP sudah berkali-kali melakukan operasi yustisi dan menjaring lebih dari seribu pelanggar prokes.

Para pelanggar prokes tersebut  mendapatkan sanksi berupa disita KTP-nya. KTP bisa diambil saat sidang tindak pidana ringan di lapangan Indoor Tenis Sidoarjo setiap Hari Kamis. Dalam sidang tipiring itu para pelanggar akan didenda Rp150 ribu subsider tiga hari.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Komisaris Eko Iskandar menyayangkan masih ada saja pengendara yang secara kasat mata melanggar prokes tidak menggunakan masker. Padahal imbauan penggunaan masker digelorakan setiap hari, bahkan penindakan di lapangan juga sudah diterapkan sejak 14 September lalu.

"Menggunakan masker ini untuk kepentingan bersama demi memutus mata rantai penyebaran covid-19," kata Eko.

Eko menambahkan, operasi yustisi ini adalah melaksanakan Inpres Nomor 6 tahun 2020 dan Perda Nomor 2 tahun 2020. Menurutnya, petugas tidak bosan-bosan memberi imbauan pentingnya masker untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain. (J-1)

BERITA TERKAIT