26 September 2020, 13:46 WIB

Bima Arya Sarankan Medsos Distancing bagi Pasien Covid-19


Anggitondi Martaon | Humaniora

WALI Kota Bogor Bima Arya berbagi kiat agar bisa lekas sembuh dari serangan covid-19. Salah satunya, media sosial (medsos) distancing.

"(Disarankan) bukan hanya physical distancing, tapi juga medsos distancing," kata Arya dalam acara Populi Center dan Smart FM Network dengan tema Covid-19: Suara Penyintas, Sabtu (26/9).

Saran ini diterapkan oleh politikus PAN itu saat menjalani perawatan setelah dinyatakan positif terjangkit covid-19. Dia memutuskan berhenti menggunakan platform sosmed pada hari kedua perawatan.

"Hari kedua ga baca WA (WhatsApp)," ungkap dia.

Dia sempat menyampaikan saran itu kepada Presiden Joko Widodo. Kedua belah pihak berkomunikasi saat Bima menjalani hari ketiga perawatan usai dinyatakan positif terjangkit virus korona.

Baca juga: Bima Arya Akui Mayoritas Warga Bogor tidak Paham Covid-19

Dia menjelaskan, medsos menimbulkan stres. Dia mengibaratkan sosmed sebagai ikon monster raksasa yang tidak baik untuk psikis seseorang, terutama penderita covid-19

"Yang kalau kita baca (medsos) sedikit membuat kita stres, kita drop," sebut dia.

Dia memiliki kesimpulan virus korona tidak hanya menyerang pernafasan. Tapi juga perasaan dan pikiran. Dia meyakini, jika seseorang mampu menjaga perasaan selama menjalani perawatan, maka proses penyembuhan bisa berjalan baik. Salah satu cara menjaga perasaan agar tetap stabil yakni tidak menggunakan medsos.

"Kalau kita bisa me-manage pikiran, perasaan, lalu yang lain bisa kita kelola," ujar dia.(OL-5)

BERITA TERKAIT