26 September 2020, 09:41 WIB

Legislator Gelontorkan 258 Alsintan untuk Puluhan Poktan di Sragen


Widjajadi | Nusantara

Dua anggota DPR RI dalam sepekan terakhir ini, secara terpisah terjun ke wilayah sentra pertanian di Kabupaten Sragen. Mereka menyalurkan ratusan alat mesin pertanian (alsintan) dan juga unit pengolah pupuk organik (UPPO) kepada ratusan kelompok petani (poktan) setempat.

Adalah Luluk Nur Hamidah, anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB yang datang terakhir pada Jumat (25/9) untuk menyerahkan secara simbolis 258 unit alsintan dan UPPO senilai Rp 30 miliar kepada kelompok tani, yang berkomitmen meningkatkan  lumbung pangan di wilayahnya.

Sepekan sebelumnya, Hamid Nur Yasin, juga dari Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Pertanian juga menyalurkan 143 alsintan dan UPO untuk 49 kelompok tani yang tersebar di Bumi Sukowati, yang merupakan sebutan akrab dari kabupaten

Di hadapan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Luluk berharap bantuan ratusan alsintan ini bisa lebih meningkatkan hasil pertanian di Sragen, yang selama ini dikenal sebagai lumbung padi terbesar kedua di provinsi Jawa Tengah.

''Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan secara baik, sehingga akan lebih meningkatkan produktivitas pertanian di Sragen," kata anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) IV Jawa Tengah yang meliputi kabupaten Sragen, Wonogiri dan Karanganyar itu.

Ratusan alsintan yang dibagikan untuk petani Sragen ini berupa mesin traktor roda dua dan empat, mesin pra panen dan pasca panen, sprayer, mesin pipil jagung dan juga UPPO. "Nanti untuk sektor hortikultura kita juga akan memberikan bantuan," imbuh anggota Komisi IV DPR ini.

Bupati Yuni mendorong petani untuk lebih giat dalam meningkatkan budidaya tanaman pertanian seiring adanya kemudahan mengelola dan merawat dengan menggunakan alsintan dan kelengkapan UPPO ini. <

"Harus ada komitmen, petani menjadi lebih semangat dalam bertani, sehingga produktivitas tinggi dan ketahanan pangan di Sragen menjadi lebih kuat, dan mampu menyokong kebutuhan pangan nasional," pesan bupati terkait bantuan alsintan yang berasal dari dana aspirasi legislator Senayan ini. (WJ/OL-10)

BERITA TERKAIT