26 September 2020, 07:10 WIB

Jelang HUT, TNI Ajak Warga Bersihkan Sampah di Pulau Bajo


John Lewar | Nusantara

JELANG peringatan hari ulang tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), prajurit dari tiga angkatan AD, AU dan AL dibantu anggota kepolisian mengajak ratusan masyarakat bahu membahu membersihkan sampah di perairan Pulau Bajo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Bakti lingkungan ini dilakukan guna mendukung program pemerintah pusat terhadap percepatan perkembangan dan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pusat obyek wisata yang telah dinobatkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai destinasi wisata super premium.

Salah satu langkah kecil untuk menarik wisatawan dengan memerangi sampah agar lingkungan obyek wisata nyaman dikunjungi dan terbebas dari polusi serta bau tak sedap.

Sebagai prajurit negara, TNI AD, AL, AU bersama kepolisian memiliki kepedulian itu dan membangun kesadaran warga untuk bergotong-royong menjaga lingkungan yang bersih indah asri.

"Bakti bersih sampah ini kita gelorakan untuk mengajak masyarakat tetap dan terus membersihkan lingkungan dari sampah berbagai jenis, baik di pesisir pulau maupun di wilayah daratan. Karena Labuanbajo ini telah mewakili kepentingan Indonesia untuk dunia dari aktivitas kunjungan wisatawan. Kalau kotor, turis akan cerita seperti apa yang mereka lihat saat berlibur di daerah ini," imbau Danramil Labuanbajo Kodim1612-02 Kapten Inf. I Nyoman Sukada, Sabtu (26/9).

Baca juga: Sambut Wisata Premium, Super Wifi Dibangun di Labuan Bajo

Sanitasi baik juga mendukung lingkungan sehat sehingga masyarakat terhindar dari berbagai macam ancaman virus, termasuk covid-19 yang kian mengancam kehidupan umat manusia secara global.

Untuk itu, Nyoman Sukada meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dan taat berdisiplin.

"Lingkungan sehat, virus menjauh, yang terpenting taat dan patuh pada protokol kesehatan. Korona tidak mengenal status dan jabatan, mari kita tertib berdisiplin," tegasnya.

Komandan pos TNI AL di Labuan Bajo Letda (PM) Dedi Erwantoni mengungkapkan kebersamaan dan bergoyang royong memerangi sampah merupakan niat bersama, sehingga semua warga paham untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah harus dibuang pada tempatnya sehingga tidak mencemari lingkungan.

"Dalam membersihkan sampah di Pulau Bajo, TNI mengajak warga untuk jaga kelestarian lingkungan masing-masing karena tak lama lagi event internasional G-20 terselenggara di kota ini. Tunjukan ke dunia keindahan alam kita layak dikunjungi," ucap Dedi.(OL-5)

BERITA TERKAIT