26 September 2020, 03:25 WIB

Stadion Manahan Solo Mulai Ditata


MI | Sepak Bola

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Surakarta mulai menata kawasan Stadion Manahan yang merupakan salah satu arena untuk Piala Dunia U-20 2021.

“Untuk persiapan Stadion Manahan Solo yang akan digunakan pertandingan sepak bola intenasional Piala Dunia U-20, semuanya sudah siap dan sudah sesuai standar FIFA,” kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Solo, kemarin.

Rudyatmo menambahkan, Stadion Manahan Solo berencana dipasangi beberapa lampu penerangan tambahan. “Lampu penerangan dan tiket boks di Stadion Manahan Solo masih menunggu dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPera) secara teknisnya,” kata Rudyatmo.

Rudyatmo mengatakan Pemkot Surakarta sebagai pendamping persiapan Piala Dunia di Solo melaksanakan soal upaya pengelolaan lingkungan hidup (UKL) dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UPL) di kawasan stadion. 

Penataan yang skalanya besar ditangani dari pusat melalui Kementerian PU-Pera yang juga menangani tugas pembangunan. “Kami pendampingannya hanya soal UKL dan UPL di kawasan Stadion Manahan Solo yang sekarang harus steril dari pedagang kaki lima (PKL),” kata Rudyatmo.

Namun, pihaknya akan melihat bagaimana sesuai dengan aturan FIFA terkait dengan kawasan di sekitar arena. “Kami baru akan bertemu dengan PSSI dalam waktu dekat ini, untuk penjelasan tentang persiapan Piala Dunia U-20 di Solo,” kata Rudyatmo.

Saat menyinggung soal anggaran yang dibutuhkan untuk membangun lima lapangan guna mendukung latihan tim peserta Piala Dunia U-20 di Solo, Rudyatmo mengaku tidak tahu secara pasti. Menurutnya, yang mengetahui ialah Kementerian PU-Pera. (Ant/R-3)

 

BERITA TERKAIT