26 September 2020, 02:10 WIB

Kesempatan untuk Perbaiki Performa


Akmal Fauzi | Sepak Bola

DALAM laga lanjutan Liga Primer Inggris di pekan ketiga, kesebelasan Manchester United akan bertandang ke Amex Stadium yang menjadi markas Brighton, hari ini.

Pertandingan itu akan menjadi kesempatan bagi pasukan Ole Gunnar Solskjaer untuk memperbaiki performa mereka di liga. ‘Setan Merah’ mengawali kompetisi dengan hasil buruk seusai dikalahkan 1-3 dari Crystal Palace di laga perdana.

Kekalahan di Old Trafford menuai kritik dan menyoroti kurang sigapnya United di jendela transfer meskipun pemain baru mereka, Donny van de Beek, mencetak gol pada debutnya melawan Palace.

Hasil itu memperpanjang rekor ketiga kalinya United kalah dalam pertandingan kandang pembuka Liga Primer. Meski kemudian menang 0-3 atas Luton  Town di Piala Liga pada Rabu (23/9), hal itu belum bisa dijadikan tolok ukur ‘Setan Merah’ kembali ke trek tepat.

“Kami tidak memulai liga dengan sangat baik, tapi kemenangan (atas Luton) akan menjadi pemacu jelang laga kontra Brighton. Kami akan berupaya menang di sana (Amex) dan memulai kembali perjalanan di Liga Primer,” kata striker United Odion Ighalo.

Brighton yang menang 3-0 atas Newcastle United akhir pekan lalu diprediksi memang akan menjadi lawan sulit untuk ditaklukkan. Setelah kekalahan 1-3 dari Chelsea di pekan pertama Liga Primer, the Seagulls--julukan Brighton--menang 4-0 lawan Portsmouth di putaran kedua Piala Liga. 

Mereka juga menang laga tandang melawan Newcastle United di Liga Primer. Anak asuh Graham Potter juga lolos ke putaran keempat dengan menaklukkan Preston North End 2-0. Sementara itu, besok, Manchester City akan tampil melawan Leicester.  Pelatih City Pep Guardiola mengaku skuadnya mengalami krisis pemain untuk menghadapi pertandingan beberapa pekan ke depan. The Citizen mungkin akan diperkuat beberapa pemain akademi untuk membantu tim senior.

Saat melawan Bournemouth di Piala Liga, City terpaksa menampilkan tim lapis kedua yang diisi pemain muda. Mereka susah payah merebut kemenangan dengan skor tipis 2-1 di Etihad Stadium.

Dua gol dari Manchester City itu dicetak Liam Delap yang masih berusia 17 tahun dan Phil Foden yang juga masih berusia 20 tahun. Gol dari Bournemouth dilesakkan Sam Surridge.

Guardiola mengaku tim senior hanya memiliki 13 pemain yang bugar. Dengan demikian, City menunjuk pemain muda seperti Adrian Bernabe, Thomas Doyle, Taylor Harwood-Bellis, dan Delap.


Tim terbaik

Bayern Muenchen semakin mengukuhkan diri sebagai tim terbaik Eropa seusai menggenggam trofi Piala Super Eropa 2020. Mereka menghentikan perlawanan sengit Sevilla dengan skor 2-1 di Puskas Arena, kemarin WIB.

Los Nervionenses--julukan Sevilla--sempat mengejutkan seusai mencetak gol pembuka melalui sepakan Ocampos dari titik putih di menit 13. Namun, Goretzka berhasil menyamakan skor sebelum babak pertama berakhir.

Dua gol the Bavarians yang dianulir di babak kedua serta kegemilangan Neuer menghentikan sepakan En-Nesyri memaksa laga berlanjut ke tambahan waktu. Daya magis Javi Martinez di masa tambahan waktu memastikan Bayern meraih status terbaik di Eropa lewat golnya di menit 104.

Martinez mengaku sangat bangga golnya bisa membawa Bayern menjuarai Piala Super Eropa 2020. Apalagi, itu gol kedua bagi pemain Spanyol tersebut di ajang yang sama.

Martinez berhasil menyumbangkan golnya untuk Bayern pada saat memenangi gelar Piala Super Eropa pertamanya pada 2013. (Goal/Sportsmole/Skysports/R-3)

BERITA TERKAIT