25 September 2020, 22:30 WIB

Dekranas Gandeng Pertamina Bantu UKM di Tengah Pandemi


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

UPAYA untuk membantu usaha kecil menengah (UKM) di tengah pandemi Covid-19 terus dilakukan berbagai pihak. Tak terkecuali Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang yang punya misi mengembangkan produk serta usaha kerajinan dalam negeri demi meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya. 

Menggandeng PT. Pertamina, Dekranas berinisiasi membuat tas-tas belanja ramah lingkungan dan masker wajah pelindung kesehatan masyarakat di tengah pandemi.

Agar produk tersebut berciri khas Pertamina sebagai perusahaan yang mengusung nilai-nilai amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, Dekranas menggandeng perancang tas-tas kreasi yang kaya detail dan khas dengan warna-warna bold, Mariko Tampi Budiman untuk mendesain produk.
 
Walhasil, rancangan tas belanja dan masker wajah bermotif business process perusahaan dalam menyediakan energi bagi Indonesia dan dunia itu menjadi respresentasi perhatian Pertamina dalam usaha meningkatkan budaya hidup baru yang lebih sehat dan ramah lingkungan.


Baca Juga:  Sosialisasi ASABRI Dilakukan di Divisi Infantri Kostrad Cilodong 

 
Tak hanya itu, keterlibatan UKM dalam memproduksi tas belanja dan masker wajah Pertamina tersebut berdampak ekonomi untuk membangkitkan kembali sektor UKM yang terguncang akibat pandemi.
 
"Pertamina sebagai perusahaan BUMN bisa berperan aktif dalam membantu sektor UKM yang terdampak pandemi. Dengan mengkolaborasikan antara Dekranas, Pertamina, desainer, dan sektor UKM sebagai produsen produk, maka semua pihak punya andil dan saling bekerjasama dalam pola hidup baru yang lebih sehat, sekaligus membantu perekonomian masyarakat," jelas Elizabeth Thohir, Ketua Bidang Pendanaan Dekranas dalam keterangannya. 
 
Selain dengan Pertamina, Dekranas juga menggandeng perusahaan-perusahaan BUMN lainnya, seperti PT Telkom, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Pengadaian untuk misi serupa. Diharapkan dengan langkah kecil, namun strategis, cepat, dan kongkrit ini, semua pihak bisa membantu sektor usaha kecil dan menengah menjadi pemenang menghadapi pandemi Covid-19. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT