26 September 2020, 00:10 WIB

Lanjutan Kisah Lima Sahabat


MI | Humaniora

BAGI yang rindu dengan cerita Juple pascakejadian di Ranu Kumbolo dalam perjalanan ke Mahameru, saat ini adalah momen tepat untuk menuntaskan rindu.

Sekuel dari novel 5cm. yang berjudul 5cm. Aku, Kamu, Samudera, dan Bintang-Bintang akan menuntaskan rindu itu tanpa masalah. Tinggal membuka dari halaman awal hingga 498. Masih tetap bercerita tentang persabatan 5 orang yang punya banyak rasa. 

Salah satunya rasa cinta. Judul itu menjumpai titik terang saat membuka bagian yang masih terbilang awal.

‘Bersamamu... aku adalah samudera untuk semestamu... bintangbintang untuk langitmu, tapi aku hanyalah debu’ (hlm 101). Uniknya, puisi itu tidak meluncur dari mulut Juple, tetapi Riani.

Juple hanya menambahkan kata ‘... tanpa dirimu, yang tahu dan ingat perihal puisi itu’. Ia menemukannya saat buku puisi Zafran tergeletak di meja kantin sewaktu SMA. Bagaimana dengan DVD Dinosaurus ala Ian? Sudahlah, yang jelas Ian masih setia bersama mi instan.

Menjadi rahasia bersama para pembaca, bahwa novel 5cm. berkisah tentang cinta segi banyak tak beraturan. Beberapa karakter punya alur cinta masing-masing, dan terkadang tak nyambung. 

Kali ini masih tetap begitu. Hanya saja pergulatan eksistensial menjadi babak pendobrak di awal novel. ‘Pernah gak sih, lo khawatir sama masa depan lo nanti gimana? Khawatir nanti lo mau jadi apa?’ (hlm 1).

Begitulah Zafran (Juple) mulai merefleksikan hidup masa kini dan masa depan. Benaknya berputar pada banyak pertanyaan, tentang kerja, impian, hidup, pasangan hidup, tumbuh menua,
mati dikenang sebagai siapa. Pergulatan itu memang lazim dialami saat menginjak usia 25 tahun, dan bakal berlangsung hingga usia 35.

Saat setiap manusia dikatakan mencapai jelang setengah usia kehidupannya. Kegamangan hidup atas jalan yang hendak dilalui. Antara tekanan sosialitas dan norma kemasyarakatan yang harus diikuti atau harus membentuk rel kehidupan sendiri.

Ingin jadi penulis puisi yang selalu punya uang dan cukup kebutuhan, itu yang menghinggapi benak Juple. Sayangnya, dunia tak semanis dalam benak. Ada banyak hal yang harus dikecap meski pahit. Karena itulah, Juple akhirnya menjadi karyawan juga. 

Begitu pun Ian, lulus dan bekerja dengan ritme yang teramat tertib. Semuanya berjalan lancar hingga ada momentum yang mungkin menjadi pertanyaan terbesar para pembaca novel 5cm. Di sekuel itu, ada bagian ketika Zafran dan Riani tahu sama lain perasaan masing-masing. 

Tapi apakah mereka langsung bersama? Tidak juga. Ada banyak pertimbangan pribadi yang membuat keduanya tidak bersatu saat itu. Lalu bagaimana kala Zafran dan Genta saling
terbuka? 

Pastinya akan ada banyak kejutan dari perjalanan kelima karakter, baik sendirian maupun bersama-sama. “Persahabatan adalah keindahan unik lain di luar cinta,” begitu yang tertulis di prolog.

Akankah Semeru terulang lagi ketika kelima sahabat plus Dinda menyambangi Rinjani? Yang pasti, ada nasionalisme yang disemai dan disuburkan oleh keindah an bentang alam Indonesia. (Zuq/M-4)

BERITA TERKAIT