25 September 2020, 16:35 WIB

Wagub DKI Minta Dukungan Tanggulangi Pandemi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza menegaskan masyarakat berperan besar dalam menanggulangi wabah covid-19. Caranya adalah dengan melakukan protokol kesehatan secara disiplin.

"Para ahli sudah bilang ini dari hasil penelitian bahwa dalam penanggulangan wabah, masyarakat itu kontribusinya terbesar sampai 80%," kata Ariza di Balai Kota, Jumat (25/9).

Baca juga: Mahasiswa UBL Edukasi Lawan Covid-19 Lewat Gim

Untuk itu diperlukan kesadaran masyarakat bahwa protokol kesehatan saat ini harus menjadi budaya baru dalam kehidupan sehari-hari yang tak boleh lepas dan harus terus melekat.

"Kalau dulu orang pakai masker aneh. Sekarang yang aneh justru orang yang tidak pakai masker. Jangan sampai orang baru sadar saat terpapar dan sudah di RS. Jangan sampai baru sadar saat ada keluarga kita yang meninggal dunia. Harus sadar dari sekarang bahwa 3M ini penting," tegasnya.

Sementara itu, menurut ahli, Ariza menyebut upaya sosialisasi dan sanksi dari pemerintah hanya berkontribusi 20% terhadap penanganan wabah.

"Kita pagi, siang, sampai malam kerja cuma 20% kontribusinya. Jadi ini kontribusi terbesarnya tetap di masyarakat," tegasnya. (Put/A-1)

 

BERITA TERKAIT