25 September 2020, 18:31 WIB

Pesawat Militer Tiongkok Terobos Wilayah Taiwan Hingga 46 Kali


Faustinus Nua | Internasional

KEMENTERIAN Pertahanan Taiwan melaporkan militer Tiongkok terus mengeluarkan ancaman.

Tecermin dari pesawat tempur Tiongkok yang tercatat 46 kali menerobos wilayah udara Taiwan. Tindakan itu berlangsung dalam Sembilan hari terakhir.

Otoritas Tiongkok diketahui meningkatkan tekanan terhadap Taiwan, yang dianggap sebagai bagian dari wilayahnya. Sejumlah tindakan provokatif terus dilakukan Tiongkok. Menyusul hubungan Taiwan dan Amerika Serikat (AS) yang semakin mesra.

Baca juga: Latihan Militer Dekat Taiwan, Tiongkok: Untuk Lindungi Kedaulatan

Pada Kamis (24/9) waktu setempat, sebuah pesawat dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dilaporkan melanggar zona identifikasi pertahanan udara Taiwan pada ketinggian 2.300 meter dan 9.000 meter.

Melalui akun Twitter resmi, Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan kecurigaan terhadap pesawat yang menerobos. Mereka juga menyiarkan peringatan radio, menyiagakan pesawat tempur secara acak dan mengerahkan sistem rudal anti-pesawat sebagai tanggapan.

Dengan insiden terbaru, pesawat militer Tiongkok sudah menerobos wilayah udara Taiwan sebanyak 46 kali hingga 24 September. Serangan paling intens terjadi pada akhir pekan lalu. Tepatnya saat Keith Krach, perwakilan otoritas AS, mengunjungi pulau tersebut.

Baca juga: Menteri Kesehatan AS Bertemu Presiden Taiwan

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mendesak Beijing untuk kembali ke aturan internasional. Apalagi seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok secara terbuka menolak batas laut di Selat Taiwan.

Ketegangan antara Tiongkok dan Taiwan telah meningkat, sejak Presiden Tsai Ing-wen mengambil alih kekuasaan pada 2016. Hubungan  kembali memburuk sejak Ing-wen terpilih kembali secara mutlak pada awal 2020.(AlJazeera/OL-11)

BERITA TERKAIT