25 September 2020, 16:52 WIB

DKI PSBB II, Epidemiolog Sarankan Bodetabek Ikut juga Agar Efektif


Hilda Julaika | Megapolitan

EPIDEMIOLOG Dicky Budiman mengatakan wilayah penyangga DKI Jakarta yakni Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Bodetabek) harus terlibat dalam pelaksanaan PSBB. Hal ini dilakukan agar perpanjangan PSBB jilid II Jakarta bisa berjalan efektif.

“Jangan cuma DKI Jakarta saja. Gak bisa DKI saja, minimal banget itu Tanggerang Selatan, Tanggerang, Rangkasbitung, Bodetabek. Itu PSBB juga,”kata Dicky saat dihubungi mediaindonesia.com, Jumat (25/9).

Menurutnya dengan melibatkan wilayah penyangga tersebut adalah upaya minimal yang bisa dilakukan. Kalau tidak dilakukan akan membuat DKI Jakarta tak mengalami perubahan besar dalam penanganan covid-19 ini.

“Itu sudah minimal. Bukan yang optimal banget melakukan PSBB semuanya ini. Kalau tidak ya gak efektif. Nanti kalau mau diperpanjang 2 minggu atau 1 bulan ke depan pun nanti ada lagi kasus impor,” kritiknya.

Baca juga : Operasi Yustisi Saat PSBB, DKI: Denda Terkumpul Rp600 Juta

Adanya kasus impor ini, disebabkan program pembatasan wilayah ini tidak diikuti oleh wilayah penyangga Jakarta. Karena ada pembatasan yang tidak setara.

“Kalau disetarakan, kemungkinannya lebih efektif karena yang di daerah penyangga kan aktivitas sosial dan ekonomi banyak dengan Jakarta. Sehingga ketika sudah sama-sama di dalam kondisi yang hampir setara pengendaliannya,” paparnya.

Kemudian strategi yang harus sama adalah dalam kemampuan testing, contack tracing, dan isolasi/karantina. Jakarta memang memiliki kemampuan testing yang sduah melebihi standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, hal ini harus diikuti dengan daerah sekitar Jakarta juga. Baru akan terasa efetivitas dalam penekanan covid-19.

“Testing ini kualitas dan kuantitas harus dilakukan. Dan tidak berdiri sendiri indikatornya. Semua indikator saling terkait testing, tracing dan treatmennya,” ungkapnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT