25 September 2020, 16:28 WIB

Keluarga Wakil Ketua DPRD Tegal Jalani Tes Swab


Supardji Rasban | Nusantara

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal, Jawa Tengah melakukan tes usap (swab) kepada keluarga Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Wasmad Edi Susilo. Tes dilakukan setelah hiburan musik dangdut yang digelar Wasmad Edi berpotensi menjadi klaster baru penyebaran vovid-19.

Kepala Dinkes Kota Tegal, Sri Primawati Indraswari mengatakan tes swab yang dilakukan untuk mendeteksi apakah ada yang positif Covid-19.
"Kita lakukan deteksi apakah ada yang positif atau tidak, dimulai dari keluarga yang mempunyai hajat. Ada enam orang tetapi bisa saja berkembang, nanti kalau ada yang postif kita lakukan tracking," ucap Prima, Jumat (25/9).

Terkait izin mengadakan hajatan, Prima menyebut Dinas yang dipimpinnya tidak mempunyai wewenang. "Dinkes tidak diminta pertimbangan status epidiomologi di Kota Tegal. Waktu itu Dinas Kesehatan tidak dilibatkan, juga tidak ada permohonan untuk dilaksanakan dan Dinas Kesehatan tidak mempunyai wewenang untuk pemberian ijin," jelas Prima.

Kepala Puskesmas Bandung Kecamatan Tegal Selatan, Destina Diah Astuti, menyampaikan tes dilakukan kepada enam anggota keluarga Wasmad Edi Susilo. "Yang menjalani tes adalah Wasmad dan istri menantu dan anaknya," ujar Destina.

Wasmad Edi Susilo sendiri meminta maaf kepada masyarakat Kota Tegal atas kekhilafannya. "Yang pertama saya meminta permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya, utamanya juga seluruh aparat penegak hukum dan pemerintahan," ucap Wasmad.

Wasmad menjelaskan selaku sohibul hajat jauh-jauh hari, yakni setahun sebelumnya telah merencanakan hajatan tersebut sebelum ada covid-19. "Mudah-mudahan usai hajatan saya semuanya aman, saya meminta maaf dan mengaku khilaf," tegas Wasmad. (R-1)

 

BERITA TERKAIT