25 September 2020, 15:25 WIB

Tol Pekanbaru-Dumai akan Dongkrak Daya Saing Produk Sawit


Andhika Prasetyo | Ekonomi

Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Pekanbaru-Dumai secara virtual pada Jumat (25/9). Dengan selesainya pembangunan tol pertama di Riau itu, Presiden meyakini konektivitas di kawasan akan semakin efektif. 

Kendaraan-kendaraan logistik pengangkut sawit, minyak dan komoditas-komoditas unggulan lain akan lebih efisien dari sisi waktu dan biaya. "Jalan tol ini memperpendek jarak tempuh Pekanbaru-Dumai dari sebelumnya 200 kilometer menjadi hanya 131 km," ujar Presiden.

Riau merupakan salah satu provinsi penghasil minyak kelapa sawit terbesar di Indonesia. Dengan dukungan infrastruktur jalan yang mumpuni, pengembangan komoditas ekspor unggulan tersebut diyakini akan berjalan dengan baik dan memiliki daya saing yang lebih kuat lagi.

Tol Pekanbaru-Dumai memiliki total panjang 131 kilometer dan merupakan bagian dari Trans-Sumatra yang menghubungkan Aceh hingga Lampung sepanjang 2.878 kilometer.

Jalan bebas hambatan itu dibangun oleh Hutama Karya dalam kurun 33 bulan dengan nilai investasi sebesar Rp16,21 triliun. Adapun, masa konsesi jalan tol ditetapkan selama 40 tahun. (P-2)

BERITA TERKAIT