25 September 2020, 14:35 WIB

Menhub Minta Warga Tidak Promosikan Sepeda Buatan Luar Negeri


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong masyarakat menggunakan produk sepeda buatan dalam negeri. Hal ini disampaikan dalam webinar 'Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2020', Jakarta, Jumat (25/9).

"Saya dengar impor banyak sekali di tengah pandemi. Kalau bisa nanti saat acara (Pekan Sepeda) promosi produk dalam neegeri saja. Yang luar negeri tidak usah dipromosikan," ungkap Budi.

Menurutnya, dengan menggunakan sepeda produk dalam negeri, maka ada kesempatan luas untuk memperkerjakan banyak pegawai

Menhub juga mengajak pemerintah daerah untuk turut mendorong tersedianya fasilitas seperti jalur khusus sepeda, tempat parkir untuk pesepeda termasuk untuk para penyandang disabilitas.

Kemenhub memberikan fasilitas parkir sepeda sebanyak 50 unit kepada instansi pemerintah, sekolah, tempat ibadah, dan tempat umum yang secara simbolis diserahkan kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, dan pihak lainnya.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk selalu menggunakan perlengkapan keselamatan saat mengendarai sepeda seperti yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan no 59 tahun 2020," jelas Budi.

Para pengambil kebijakan baik ditingkat pusat maupun daerah diminta menyuarakan Keselamatan Jalan kepada seluruh lapisan masyarakat di berbagai kesempatan.

"Keselamatan jalan tidak mungkin terwujud bila tidak diawali saat ini, dari diri kita sendiri, keluarga, masyarakat, serta lingkungan hingga akhirnya menjadi budaya," pungkas Budi.

Puncak Acara Pekan Sepeda Nasional Tahun 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2020 yang diawali dengan Aksi Pembagian 100 ribu Masker di lima wilayah Jakarta. (OL-4)

BERITA TERKAIT