25 September 2020, 15:05 WIB

Turbin Angin Kecil ini Dapat Menghemat Listrik


Bagus Pradana | Weekend

PARA ilmuwan di Tiongkok berhasil mengembangkan turbin angin portable yang dapat menghasilkan energi listrik saat perangkat tersebut mendapatkan aliran angin sepoi-sepoi.

Konsep turbin ini sebenarnya merupakan pemanfaatan dari listrik statis yang dapat membuat rambut Anda berdiri. Listrik statis yang berasal dari aliran angin akan ditangkap oleh turbin tersebut untuk selanjutnya disimpan ke dalam baterai agar bisa digunakan di kemudian hari.

Para ilmuwan di Tiongkok berharap perangkat tersebut dapat menghasilkan daya listrik berkelanjutan dengan biaya rendah dan cara yang efisien.

"Tujuan kami mengembangkan perangkat tersebut adalah untuk memecahkan masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh turbin angin tradisional," kata Dr Ya Yang, dari Institut Energi dan Nanosistem Beijing, seperti dilansir oleh theguardian.com, Jumat (25/9).

"Tidak seperti turbin angin yang menggunakan kumparan dan magnet, kami memilih menggunakan bahan berbiaya rendah untuk perangkat kami," terang Dr Yang.

Perangkat ini terdiri dari dua strip plastik dalam tabung yang mengepak saat dilalui oleh aliran udara di dalamnya. Angin dengan kecepatan 3 knot (1,6 meter per detik) sudah cukup untuk memberi daya pada perangkat tersebut. Tapi para peneliti menyatakan kinerja alat tersebut paling baik ketika mendapatkan hembusan angin pada kecepatan antara 7 hingga 15.5 knot (4 hingga 8 meter per detik).

Sejauh ini, perangkat tersebut telah mampu menyalakan 100 lampu LED dan sensor suhu. Turbin angin kecil ini juga berhasil menekan efisiensi energi hingga mencapai 3,23 % yang diklaim efektif untuk menyediakan tenaga listrik yang berkelanjutan di masa depan.(M-4)

BERITA TERKAIT