25 September 2020, 14:09 WIB

Barugasikola Jadi Solusi Sekolah Jarak Jauh di Masa Pandemi


Lina Herlina | Nusantara

PANDEMI virus korona atau covid-19 membuat semua pihak melakukan inovasi, khususnya dalam proses belajar mengajar. Mengingat sudah setengah tahun belakang ini, semua proses belajar dilakukan dari rumah.

Balai Pustaka, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kota Makassar membuat terobosan baru di dunia pendidikan, dengan meluncurkan aplikasi media sosial gratis yaitu Barugasikola.

Direktur Utama PT Balai Pustaka Achmad Fachrodji mengatakan Barugasikola merupakan aplikasi gabungan media sosial yang terintegrasi.

"Karena di dalamnya bisa bermedsos dan memungkinkan proses belajar mengajar antara guru dan siswa berlangsung di mana saja, melalui media dalam jaringan (daring)," kata Fachrodji saat pluncuran aplikasi Barugasikola, Jumat (25/9).

Dia menambahkan, aplikasi tersebut menghubungkan warga dalam lingkungan sekolah untuk berkomunikasi.

"Karena ini gratis, dipastikan, bisa mempermudah orangtua melihat kegiatan anaknya setiap saat, karena bisa digunakan oleh siswa SD, SMP dan SMA," tambah Fachrodji.

Baca juga: Sulsel Luncurkan KIM Sokong Belajar Daring

Barugasikola memiliki arti pintu pendidikan, dengan sikola yang berasal dari bahasa Bugis-Makassar artinya sekolah atau pendidikan. Penggunaan bahasa daerah ini dikarenakan inisiatornya berasal dari Sulawesi Selatan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, tidak ada lagi kesulitan yang tinggi dalam pembelajaran jarak jauh.

"Harapannya, aplikasi ini bisa aplikasikan di seluruh Indonesia. Beberapa provinsi sudah berminat. Nanti kami roadshow ke beberapa provinsi yang sudah berminat itu. Termasuk Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur yang padat masyarakatnya," ungkap Fachrodji.

Selain itu, salah satu alasan diluncurkan di Makassar yakni harapannya bukan hanya bagian barat Indonesia yang maju, termasuk kita jadikan momentum kemajuan pendidikan di wilayah timur Indonesia.

Ada pun fitur yang terdapat dalam aplikasi Barugasikola yaitu medsos pendidikan, ruang kelas, ruang sekolah, ruang krasi, ruang pustaka, ruang ibadah, ruang enterpreneurship dan toko balai pustaka.(OL-5)

BERITA TERKAIT