25 September 2020, 11:44 WIB

DKI Siapkan Hotel Berbayar untuk Isolasi Mandiri Warga Mampu


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KEPALA Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI.

Koordinasi itu dilakukan sebab Pemprov DKI berniat menyediakan hotel untuk tempat isolasi mandiri bagi warga terpapar covid-19 tanpa gejala yang memiliki finansial memadai.

"Dalam beberapa rapat, Pak Gubernur sudah berkoordinasi dengan PHRI untuk penyediaan hotel untuk isolasi mandiri bagi warga yang mampu secara finansial. Karena kita tahu kan kemampuan ekonomi warga DKI ini sangat heterogen," kata Widyastuti dalam diskusi yang diselenggarakan oleh BNPB, Kamis (24/9).

Hotel-hotel ini disediakan juga bagi warga terpapar covid-19 yang meskipun memiliki rumah memadai tapi merasa khawatir akan menularkan virus kepada anggota keluarganya.

"Kan bisa saja ada warga, walaupun rumahnya besar tapi dia takut menularkan ke keluarganya. Nah, dia bisa isolasi di hotel yang sudah kita koordinasikan," jelasnya.

Baca juga: Bali akan Tambah 10 Hotel untuk Karantina

Pengumuman hotel-hotel yang disediakan untuk isolasi ini akan segera dilakukan. Menurutnya, hotel-hotel nanti akan berbeda dengan yang disediakan pemerintah pusat. Sebab, hotel-hotel yang disediakan pemerintah pusat tidak berbayar alias gratis.

Di sisi lain, Widyastuti menyebut penyediaan hotel-hotel berbayar ini juga ditujukan agar perekonomian khususnya di bidang jasa perhotelan bisa tetap bergerak.

"Tentu nanti akan ada pembekalan dulu ke petugas-petugas hotelnya agar bisa tepat menangani para pasien isolasi ini," tambahnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT