25 September 2020, 09:56 WIB

Perlu Dukungan Perangkat Lingkungan Tangani Covid-19


Hilda Julaika | Megapolitan

PENANGANAN covid-19 tidak cukup dari pemerintah tapi perlu ada keikutsertaan masyarakat. Karenanya, dukungan perangkat lingkungan seperti rukun tetangga (RT) ataupun rukun warga (RW) dibutuhkan. 

Kalau perlu, di tingkat RT terdapat wewenang untuk pemberian sanksi sosial kepada warga di sekitarnya. Itu disampaikan Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jhonny Simanjuntak melalui keterangan resminya, Jumat (25/9). 

“Yang namanya ibu PKK Jumantik kenapa tidak digunakan untuk menggerakkan kesadaran masyarakat?” katanya. Ia melihat masyarakat masih tergolong abai terhadap penggunaan protokol kesehatan (Prokes) covid-19 dan bertentangan dengan prinsip 4 M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga menghindari kerumunan sesuai anjuran organisasi kesehatan dunia (WHO) bersama pemerintah pusat dan daerah.

Ia melihat pemanfaatan sarana dan prasarana umum, seperti gelanggang olahraga remaja (GOR), perlu diperhitungkan lantaran semakin tingginya angka kasus positif penularan covid-19, khususnya di lingkungan masyarakat. Pasalnya, potensi penularan covid-19 jauh lebih berisiko ketika berada di lingkungan masyarakat.

Gubernur Anies Baswedan telah menyampaikan keterisian ruang isolasi dan ruang perawatan intensif (ICU) yang semakin penuh. Padahal WHO telah menyarankan tingkat keterisian tidak lebih dari 60%. Dengan kapasitas tempat tidur isolasi sebanyak 4.812, persentase keterpakaiannya sudah sebesar 81% hingga 23 September 2020. (Hld/OL-14)

BERITA TERKAIT