25 September 2020, 06:08 WIB

Skuat Mainz Berlatih Kembali Pascamogok Membela Szalai


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

SKUAT FSV Mainz, Kamis (24/9), kembali berlatih setelah sehari sebelumnya mogok sebagai bentuk solidaritas atas keputusan klub terhadap Adam Szalai.

Sebelumnya, Senin (21/9), pihak klub, dalam sebuah jumpa pers, menjabarkan bahwa mereka sudah menginformasikan kepada penyerang asal Hongaria itu untuk mencari klub baru.

Hal itu direspon para pemain Mainz dengan menolak berlatih pada Rabu (23/9) sebagai bentuk solidaritas untuk Szalai.

Baca juga: DFB Peringatkan Bayern karena Langgar Protokol Kesehatan

"Fakta bahwa tim tidak datang berlatih memang situasi yang tidak menyenangkan," kata Direktur Olahraga Mainz Rouven Schroeder dalam jumpa pers, Kamis (24/9).

"Isu terkait Adam Szalai menjadi alasan mengapa skuat tidak mau berlatih," lanjutnya, sembari menjelaskan keputusan terkait Szalai sepenuhnya berdasar alasan olahraga dan bukan kesulitan finansial.

Mogok latihan itu diakui Schroeder memaksa pihak klub melakukan diskusi dengan perwakilan para pemain. Tetapi, ia tidak bersedia mengungkap lebih jauh hasil pertemuan itu.

"Tentu saja insiden itu belum sepenuhnya berakhir. Kami berdiskusi tentang masalahnya dan mengeluarkan konsekuensi kepada pemain. Kami harus terus bekerja mengenai hal itu tetapi semuanya kami harap bisa diselesaikan secara internal," imbuhnya.

Sementara itu, pelatih kepala Mainz Achim Beierlorzer mengaku paham bahwa skuatnya bersikap solider terhadap rekannya. Tetapi, keputusan mogok latihan jelas hal yang berbeda.

"Saya paham tim ini bisa bersatu dan menegaskan pernyataan mereka. Tapi saya tidak bisa memahami keputusan untuk mengganggu latihan ini, sebab mempengaruhi persiapan dan performa," ujar Beierlorzer.

Pun demikian, Beierlorzer memastikan timnya tidak akan terpengaruh dari kejadian mogok latihan tersebut.

Pekan lalu, Mainz membuka Bundesliga 2020/21 dengan kekalahan dari RB Leipzig dan akhir pekan ini dijadwalkan akan menjamu tim promosi VfB Stuttgart. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT