25 September 2020, 05:53 WIB

Sundulan Martinez Antar Bayern Juara Piala Super Eropa


Basuki Eka Purnama, Akmal Fauzi | Sepak Bola

GELANDANG veteran Javi Martinez mengaku bak mimpi setelah sundulannya di babak tambahan waktu memastikan Bayern Muenchen menjadi juara Piala Super Eropa dengan kemenangan 2-1 atas Sevilla di Budapest, Jumat (25/9) dini hari WIB.

Martinez memastikan kemenangan Bayern lewat golnya pada menit 104 dalam laga yang dimainkan di Puskas Arena untuk memastikan jawara Liga Champions itu meraih gelar keempat mereka pada 2020.

Sevilla unggul lebih dulu lewat eksekusi penalti Lucas Ocampo. Namun, Leon Goretzka menyamakan kedudukan untuk Bayern sebelum Martinez, yang tampil sebagai pemain pengganti, memastikan kemenangan klub Bundesliga itu.

Baca juga: Rangers, Sporting dan Rijeka Maju ke Playoff Liga Europa

Menjadi pemain pengganti Goretzka pada menit 99, Martinez, yang dikabarkan akan kembali ke Spanyol setelah kehilangan posisinya di skuad utama Bayern, mencetak gol dari sundulan untuk memperpanjang rekor kemenangan Bayern menjadi 23 laga.

"Setiap kali saya mengenakan jersey Bayern, saya selalu memberikan seluruh kemampuan saya dan itu terbukti pada hari ini," ujar Martinez.

"Saya selalu ingin membantu tim saya mencetak gol. Jadi, hari ini adalah mimpi menjadi kenyataan," imbuhnya.

Bayern berpeluang meraih gelar kelima mereka pada 2020 saat mereka menjamu Borussia Dortmund di laga Piala Super Jerman, Rabu (30/9).

Di laga Piala Super Eropa ini, Bayern tertinggal lebih dulu pada meniy 14 ketika VAR menganggap David Alaba melanggar Ivan Rakitic di kotak penalti. Ocampos yang menjadi eksekutor penalti sukses menjalankan tugasnya.

Bayern baru berhasil menyamakan kedudukan pada menit 34 lewat aksi Goretzka setelah kerja sama yang apik antara Thomas Mueller dan Robert Lewandowski.

Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Bayern sempat mencetak gol pada menit 51 lewat aksi Lewandowski. Namun, gol itu dianulir setelah VAR menganggap striker Polandia itu berada dalam posisi offside.

Bayern kembali mencetak gol pada menit 60 lewat Leroy Sane. Namun, gol itu juga dianulir setelah Lewandowski dianggap melanggar bek Sevilla.

Hingga 90 menit berakhir, skor 1-1 tidak berubah. Laga pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di awal babak perpanjangan waktu, Sevilla sukses menekan Bayern. Tendangan Ocampos berhasil ditahan Manuel Neuer sementara tendangan Youssef En-Nesyri membentur tiang gawang.

Martinez pun akhirnya menjadi penentu kemenangan Bayern lewat golnya pada menit 104. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT