25 September 2020, 00:30 WIB

Terdampak Banjir Bandang,Pabrik Air Mineral ini Kembali Beroperasi


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

BANJIR bandang di Sukabumi, Jawa Barat ikut meluluhlantakkan pabrik PT. Aqua Golden Mississippi di Mekarsari. Setelah upaya pemulihan dengan pembersihan, sanitasi, dan pengecekan sistem, pabrik itu pun kini telah beroperasi kembali.

Secara bertahap, proses produksi juga mulai beroperasi untuk menambah pasokan produk yang sempat terhambat akibat air banjir yang masuk ke sebagian area produksi.

“Kami tengah melakukan usaha untuk mengembalikan kondisi fasilitas produksi di pabrik Mekarsari, Sukabumi seperti semula. Namun, fokus utama kami tetap mendahulukan keselamatan dan keamanan karyawan serta masyarakat sekitar pabrik yang terdampak langsung oleh banjir bandang. Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk terus memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar yang terdampak,” kata Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia dalam keterangannya. 

Selama masa pemulihan pabrik, Arif menegaskan, konsumen Aqua tidak perlu khawatir akan adanya gangguan jumlah dan kualitas pasokan bkarena pihaknya telah mengalihkan pasokan produk dari fasilitas produksi yang terdampak, ke pabrik Aqua lainnya di wilayah Sukabumi dan Bogor. 

Baca juga : KAI Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Perusahaan menerapkan standar keamanan dan kontrol kualitas yang tinggi di seluruh mata rantai produksi untuk memenuhi standar keamanan pangan yang telah ditetapkan oleh BPOM, SNI serta parameter kualitas Danone. 

Proses manufaktur juga mengacu pada Standar Kualitas Internasional ISO 9001. Selain itu, fasilitas produksi AQUA telah tersertifikasi sistem jaminan keamanan pangan internasional Food Safety System Certification (FSSC) 22000.

Selain upaya pemulihan pabrik, perusahaan juga turut membantu masyarakat di sekitar pabrik yang terdampak banjir dengan berkoordinasi bersama pemerintah setempat dan mitra mitra organisasi kemasyarakatan untuk mendistribusikan boks Aqua ukuran 600ml, sembako, dan berbagai kebutuhan dasar. 

“Perusahaan juga telah mengerahkan beberapa relawan untuk turut membantu membersihkan area sungai Cibaregbeg dan bekerja sama dengan BPBD untuk penanganan banjir dengan memperbaiki upaya konservasi dan penanggulangan sampah yang bertanggung jawab,” jelas Arif. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT