24 September 2020, 23:50 WIB

Petahana No.1, Mantu Jokowi No.2 di Pilwakot Medan


Yoseph Pencawan | Nusantara

KOMISI Pemilihan Umum Kota Medan, Sumatera Utara telah menetapkan nomor urut dua pasangan calon yang akan berkompetisi dalam Pilkada 2020 pada 9 Desember mendatang.

Penetapan itu dilakukan melalui pengundian nomor urut dalam rapat pleno terbuka KPU Kota Medan yang digelar di Hotel Santika Dyandra, Medan, Kamis (24/9).

Dalam rapat pleno, mesin undi mengeluarkan hasil bahwa pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi mendapat nomor urut 1. Sedangkan pasangan calon Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman mendapat nomor urut 2.

Hasil undian tersebut kemudian ditetapkan KPU Medan sebagai hasil keputusan dari rapat pleno.

Ketua KPU Medan Agussyah Ramadani Damanik, meminta maaf pelaksanaan pengundian nomor urut dilakukan pembatasan secara ketat. "Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona," ujarnya seusai rapat pleno.

Sebagai calon petahana, Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi hanya diusung oleh dua partai politik, yakni PKS dan Demokrat dengan total kekuatan 11 kursi di DPRD.

Sementara pasangan Bobby Afif Nasution dan Aulia Rachman diusung hingga delapan partai politik. Menantu Presiden Jokowi ini didukung PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, NasDem, PPP, PAN, Hanura dan PSI, dengan total kekuatan 39 kursi di DPRD. (OL-13)

Baca Juga: Duo Nasution Bertarung di Pilkada Kota Medan

BERITA TERKAIT