24 September 2020, 23:27 WIB

Program Inkubasi Menjadi Nyata Bantu Startup Lokal Berkembang


Ghani Nurcahyadi | Teknologi

SEJAK diluncurkan pada 17 Juni lalu, program inkubasi usaha rintisan (startup) Menjadi Nyata yang digagas Erendi Labs dan ModalSaham, sukses menggaet 48 startup lokal yang bergerak di berbagai bidang industri.

Lewat 2 tahapan seleksi, telah terpilih 5 startup yang akan mendapatkan fasilitas mentoring, pembiayaan, dan akses pasar dalam program Menjadi Nyata. Kelima Startup yang lolos itu antara lain Cariguru (edutech), Gudings (logistik), Loak.co (waste management), Sisdes (solusi pelayanan tingkat desa), dan Scrapiro (penyedia solusi daur ulang sampah).

CEO ModalSaham Muhammad Reza Alkhawarismi menjelaskan, 2 tahap seleksi yang dilakukan ialah melalui pitch desk yang fokus pada tingkat inovasi, kreativitas, orginalitas, dampak sosial, kelayakan teknis, dan implementasi.

"Kedua dengan elevator pitch di depan dewan juri dengan mempresentasikan problem, solusi, dan business model yang ditawarkan," katanya dalam keterangan tertulis.

Baca juga : Program Appcelerate Lintasarta dapat Penghargaan Internasional

ia menambahkan, kelima startup itu berhak mengikuti program inkubator online Menjadi Nyata dalam 2 bulan ke depan sampai akhir Oktober 2020 untuk mematangkan konsep hingga menjadikannya sebuah produk atau MVP, dengan mentor yang berkualitas dan materi yang sesuai dengan kebutuhan para founder.

Menjadi Nyata juga memberikan fasilitas 3M, yaitu Money, Mentoring, dan Market Access untuk 5 startup tersebut. Uang yang diberikan bersifat hibah dengan total 100 juta Rupiah untuk membantu mewujudkan ide-ide 5 startup tersebut,

"Harapannya dalam 2 bulan tersebut, mereka juga sudah memiliki traksi sehingga business model-nya proven dan dapat membuat Venture Capital tertarik untuk memberikan pendanaan tahap awal untuk scale up startup mereka," pungkas Reza. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT