24 September 2020, 17:47 WIB

Tim Hunter Jatim akan Jemput Penderita Covid-19


Faisol Taselan | Nusantara

TIM pemburu pelanggar protokol kesehatan Covid-19 di Jawa Timur  melakukan jemput bola terhadap pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Pengidap virus asal Tiongkok yang sedang melakukan isolasi mandiri akan dijemput untuk dibawa ake rumah sakit atau tempat isolasi yang disediakan pemerintah.

Hal itu diungkapkan Koordinator Tim Tracing Satgas Covid-19 Jatim Kohar Hari Santoso di Surabaya, Kamis (24.9). Menurutnya, upaya ini merupakan bentuk implikasi dari Inpres Nomor 6 Tahun 2020  tentang penerapan Protokol Kesehatan dengan menerjunkan (Tim Hunter) sebagai tim pemburu pelanggar protokol kesehatan Covid-19 di Jawa Timur, yang mendapati beberapa masyarakat yang diduga terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurut Santoso, penjemputan dilakukan karena banyaknya pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) yang melakukan isolasi mandiri di rumah, namun masih berpotensi untuk menyebarkan virus dan berisiko menyebabkan klaster keluarga baru.

"Intinya, ternyata banyak yang OTG, Isolasi mandiri di rumah, ternyata tidak memungkinkan. Sehingga dibantu isolasi di tempat yang memadai," kata Kohar.

Apalagi, lanjutnya, banyak OTG yang memilih melakukan karantina mandiri di rumah. Namun kenyataannya, rumah mereka belum memadai jadi tempat isolasi.

"Misalnya luas rumah yang sempit, banyaknya anggota keluarga, hingga jumlah kamar mandi yang terbatas. Kondisi tersebut  ditakutkan malah menyebabkan klaster baru dalam keluarga," jelasnya. (R-1)

BERITA TERKAIT