24 September 2020, 16:45 WIB

Mercedes-Benz Perkenalkan Truk Actros F dan Actros Mewah Edition 2


RO | Otomotif

DUNIA transportasi angkutan barang terus berevolusi dengan cepat. Mercedes-Benz Trucks turut ambil bagian dalam evolusi ini. Truk pengangkut yang dulu kerap identik dengan hal-hal kumuh bakal 'hanya ada dalam dongeng'.

Dengan mengusung sederet terobosan, Actros generasi terbaru dari Mercedes-Benz Trucks membawa segalanya ke tingkat yang sangat tinggi dengan efisiensi lebih tinggi, kenyamanan yang lebih baik untuk pengemudi dan peningkatan keselamatan untuk semua pengguna jalan. 

Untuk memenuhi tuntutan menghadapi lingkungan yang semakin kompetitif, Mercedes-Benz Trucks menambahkan dua model ke jajaran Actros-nya: Actros F dan Actros Edition 2.

Sejak meluncur pertama kali pada 1996 Actros menetapkan standar tinggi untuk truk berat. Sejak 2018, generasi baru Actros terus-menerus menetapkan tonggak baru dengan banyak inovasi.

Actros F

Mercedes-Benz Actros F baru mulai dipasarkan pada Januari 2021 di 24 negara Uni Eropa (UE) dan pasar non-UE tertentu ini sangat cocok untuk pelanggan yang mencari truk fungsional yang bebas dari semua kerumitan terkait proses logistik dan organisasi armada mereka.

Actros F terbaru tersedia dalam 17 model perakitan dan hanya akan tersedia dalam format setir kiri ini sangat ideal untuk lalu lintas jarak jauh konvensional dan regional.

Sebagai kendaraan niaga, pengembangan Actros difokuskan pada unsur kenyamanan tinggi bagi pengemudi, di samping fungsionalitas maksimum untuk operator armada.

Kabin yang baru dirancang dalam varian StreamSpace atau BigSpace dengan lebar 2,5 meter yang menawarkan kabin lapang terbaik di kelasnya dan juga memungkinkan pengemudi masuk dan keluar dengan mudah hanya dengan tiga langkah.

Truk ini hadir dengan Classic Cockpit serta spion samping konvensional sebagai standar. Selain sistem navigasi, kontrol iklim, dan beberapa pilihan peralatan opsional, ada juga tambahan Multimedia Cockpit 10 inci baru yang kompatibel dengan roda kemudi multifungsi di generasi Actros saat ini. 

Fitur Predictive Powertrain Control baru adalah fitur opsional lain yang mengkalibrasi perpindahan gigi otomatis yang menyesuaikan antara gaya mengemudi dan topografi. Fitur ini memungkinkan adanya penghematan bahan bakar tambahan.

Selain itu, terdapat pula fitur keselamatan seperti Active Brake Assist generasi kelima yang telah menjadi fitur standar kendaraan Actros di seluruh Eropa sejak Januari 2020, yang diwajibkan oleh undang-undang, dan Lane Keeping Assist. Secara opsional, Actros F baru juga dapat dilengkapi dengan Sideguard Assist.

Actros Edition 2

Bagi konsumen yang lebih mementingkan teknologi dan inovasi di atas fungsionalitas, Actros Edition 2 menjadi figur yang tepat. Actros Edition 2 dirancang untuk pengemudi profesional yang mencintai inovasi dan mereka adalah pemilik truk itu sendiri.

Selain untuk alat angkut, truk juga menjadi rumah mereka dan sangat menghargai gaya individu dan kenyamanan tinggi. Pengemudi jenis ini memiliki ikatan emosional yang kuat dengan kendaraan mereka yang dianggap lebih dari sekadar mesin.

Actros Edition 2 menawarkan 40 opsi tambahan untuk interior dan eksterior yang menjadikan truk ini semakin eksklusif. Terlebih, hanya ada 400 unit yang akan tersedia aqlias 'limited edition'.

Layaknya kendaraan mewah Mercedes-Benz, Actros Edition 2 menggunakan material-material berkelas. Seperti nappa leather pada pegangan pintu, elemen-elemen serat karbon, termasuk ambient light, dan multimedia cockpit.

Bahkan terdapat tempat tidur lebar 900 mm dilapisi sprei, lengkap dengan tirai hitam di bagian luar dan krem almond di bagian dalam. Tirai di sekeliling tempat tidur untuk meningkatkan privasi ini juga dihiasi logo khas Mercede-Benz di bagian depan. 

Di bagian eksterior samping tersemat stiker dengan pola khas bintang, ditambah tulisan 'Edition 2' di bagian visor pelindung matahari luar. Sebagai tambahan terdapat empat lampu spot light LED di bawahnya, dan tiga lampu LED di belakang kabin. Selain itu terdapat sejumlah elemen dekoratif di bagian gril .

Edisi 2 menawarkan varian dua dan tiga axle dengan kabin GigaSpace dan BigSpace dalam versi setir kiri maupun setir kanan. Konsumen juga bebas memilih warna kabin dan dapat disesuaikan dengan warna perusahaan pelanggan. Sementara bagian depan kendaraan dilabur warna moonstone grey metallic yang menegaskan ciri khas Ediition 2 ini.

Kelengkapan terdiri dari

- Safety Package dengan sejumlah active driver assistance systems,

- Comfort Package dengan ambient lighting LED, kaca untuk bercukur, kulkas, dan sederet kelengkapan lain untuk mendukung kenyamanan.

- Driving Package dengan setir berbalut kulit, dan tirai matahari elektris.

- Sight Package diantaranya lampu bi-xenon, wiper dengan sensor hujan, serta lampu kombinasi belakang LED.

- Media Package terdapat sound system, notebook holder, soket tambahan 12/15 V dan lain-lainnya.

- Extra Line dengan LED position lights pada MirrorCam, Led indicators dan Welcome Light.

(S-4)

BERITA TERKAIT