24 September 2020, 15:53 WIB

Usut Kebakaran Kejagung, Polisi Periksa Jaksa


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

TIM gabungan penyidik yang terdiri dari Dittipidum Bareskrim Polri, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, dan Polres Metro Jakarta Selatan, akan memeriksa Jaksa di Kejaksaan Agung terkait kasus kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung.

Rencananya, tim penyidik gabungan Polri akan memeriksa Jaksa dan dan 6 orang saksi lainnya pada pukul 13.00 WIB, di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (24/9).

“Tujuh orang saksi terdiri dari pihak swasta, pekerja, cleaning service, ASN, dan Jaksa di Kejaksaan Agung,” tutur Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo, kepada Media Indonesia, Kamis (24/9).

Namun, Sambo enggan membeberkan sosok Jaksa Agung yang bakal diperiksa oleh tim penyidik. “Kalau sudah penetapan tersangka pasti kita sampaikan,” ungkap Sambo.

Tim penyidik juga akan dibantu oleh enam orang ahli untuk mengungkap penyebab adanya kobaran api di Gedung korps Adhyaksa itu

“Enam orang ahli terdiri dari Ahli Puslabfor, Ahli Kebakaran dari IPB dan UI, Ahli Hukum Pidana dari UI, Usakti dan UMJ,” paparnya.

Sebelumnya, tim penyidik terus melakukan pendalaman terhadap saksi terkait kasus kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung.

Penyidik telah merampungkan pemeriksaan terhadap 28 saksi. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menuturkan seluruh orang yang diperiksa tersebut merupakan kategori saksi potensial. Mereka sebelumnya juga sudah diperiksa dalam tahap penyelidikan Bareskrim Polri. (OL-4)

BERITA TERKAIT