24 September 2020, 09:05 WIB

Kisah Pasien Sembuh dari Covid 19 di Kabupaten Pasuruan


Wisnu Arto Subari | Nusantara

Ada kabar gembira tentang pasien yang berhasil sembuh dari covid-19. Dari Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, selama pandemi ini terdapat 1.325 pasien covid-19, sebanyak 912 di antara mereka dinyatakan sembuh usai menjalani isolasi. 

Kesembuhan mereka diyakini karena rutin mengonsumsi menu makanan lengkap, rutin berolahraga, dan beristirahat. Banyak wajah gembira dilepas secara bertahap oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan Wakil Bupati Abdul Mujib Imron. 

Setelah menjalani dua minggu karantina di beberapa tempat, antara lain RSUD Bangli, BLK Rejoso, SKB Pandan, Permata Biru Prigen, dan tempat lain, terlihat optimisme dan rasa terima kasih dari para pasien. Mereka diberikan menu makanan lengkap, termasuk minuman sari buah probiotik SB19 secara rutin sehingga imun tubuh pasien menjadi lebih kuat dan sembuh lebih cepat.

Beberapa pasien covid-19 berasal dari klaster perusahaan pengolahan ikan Gempol Pasuruan, Asrama Haji Sukolilo Surabaya, serta rumah. Usai menyerahkan surat keterangan sehat dan hasil tes swab kepada para pasien, Irsyad Yusuf yang juga Ketua Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasuruan, mengatakan, pihaknya sengaja memberikan tambahan gizi berupa minuman sari buah probiotik kepada pasien sebagai upaya mempercepat penyembuhan.

"Ikhtiar selain terapi vitamin C, ada probiotik sebagai upaya kami agar ada percepatan semua. Tapi tetap setelah terapi probiotik, kami swab lagi. Alhamdulillah hasilnya negatif," ujar Irsyad Yusuf. 

Sampai dengan awal September 2020, dari 1.325 yang terjangkit covid-19 di Kabupaten Pasuruan terdapat 912 pasien yang dinyatakan sembuh. Tingkat kesembuhannya mencapai 68,54%. Ini termasuk tingkat kesembuhan tertinggi di Jawa Timur.
 
Dikutip dari video release Multimedia Humas Polri, Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan menyatakan kepada awak media bahwa keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dari semua komponen masyarakat Kabupaten Pasuruan. Salah satunya, terobosan terapi menggunakan probiotik. (RO/OL-14) 

BERITA TERKAIT