24 September 2020, 13:01 WIB

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Perbaiki Pompa di 15 Underpass


Deden Muhamad Rojani | Megapolitan

DINAS Bina Marga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan pompa air di 15 lintas bawah atau underpass dalam kondisi prima untuk menghadapi musim penghujan.

Kepala Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, selain melakukan perawatan dan pemeliharaan rutin, pihaknya telah melakukan perbaikan jika ada pompa yang rusak.

"Pompa yang rusak sudah diperbaiki semua. Kemarin, sempat ada yang rusak sekitar tiga pompa seperti pompa underpass Matraman, Senen, dan Kemayoran, sudah dibetulkan dan sekarang sudah beroperasi normal," ujar Hari, Kamis (24/9), saat dikonfirmasi.

Baca juga: Kembali Pulang setelah Banjir Surut

Hari menjelaskan, ada 65 pompa yang tersebar di 15 underpass di wilayah Jakarta. Masing-masing underpass memiliki jumlah pompa berbeda, antara tiga sampai enam pompa pada satu tempat dengan kapasitas berbeda.

Ia menegaskan, langkah antisipasi tersebut untuk menghadapi musim penghujan sehingga tidak akan terjadi genangan parah karena semua pompa di 15 underpass dipastikan kondisinya baik.

Dia menambahkan, operasional pompa dapat diatur dan disesuaikan dengan intensitas hujan dan kapasitas genangan di underpass.

"Bisa bergantian, tiga pompa operasi satu siaga. Tapi kalau hujan deras kemudian debit airnya besar semua pompa kita operasikan," tandas Hari. (OL-1)

BERITA TERKAIT