24 September 2020, 12:50 WIB

Kejati Babel Tahan Dua Tersangka Dugaan Korupsi Kredit di BRI


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

KEJAKSAAN Tinggi Provinsi Bangka Belitung (Babel) akhirnya menahan dua tersangka dugaan korupsi penyimpanan fasilitas kredit modal kerja milik Bank Rakyat Indonesia (BRI) kepada 47 debitur, Rabu (23/9). Kasipenkum Kejati Babel Basuki Raharjo membenarkan dua tersangka dugaan korupsi uang BRI yakni Aloy dan Desta telah ditahan dan dititipkan ke rumah tahanan Polda Babel.

"Ya benar Sugianto dan Desta sudah kita tahan, mereka berdua kita titipkan ke Rutan Mapolda," kata Basuki, Kamis (24/9).

Dua tersangka ini diduga melakukan penyimpanan fasilitas kredit kepada 47 debitur dengan total Rp40,5 miliar. Keduanya menguras uang BRI Pangkalpinang dan BRI kantor cabang pembantu Depati  Amir sejak 2017-2019 dengan total pencairan mencapai Rp40,5 miliar. Kedua tersangja akan ditahan hingga 20 hari ke depan dan kemungkinan bisa diperpanjang.

baca juga: BPBD Cianjur Waspadai Cuaca Ekstrem

"Penahanan terhadap para tersangka S dan D berdasarkan Surat Perintah Penahanan Nomor: Print-105/L.9.5/Fd.1/09/2020 tanggal 23 September 2020," tegasnya.

"Nanti, tergantung dari pengembangan penyidikan karena ini masih by process. Nanti tergantung dari pihak-pihak yang kita periksa kemana arahnya dan kita tetap arahnya minimal dengan dua alat bukti. Kalau memang ada mengarah syarat memenuhi dua alat bukti, pasti kita akan tindaklanjuti untuk ditingkatkan ke penyidikan. Ini masih jalan," ujarnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT