24 September 2020, 12:22 WIB

41 Desa Masuk ke Destinasi Wisata Super Prioritas


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengungkapkan ada 41 desa yang masuk ke destinasi wisata super prioritas.

"Ada 41 desa di lima daerah super prioritas yang ditugaskan kepada Kementerian Desa untuk melakukan penanganan," kata Abdul dalam keterangan resmi, Rabu (23/9).

Ke-41 desa yang masuk dalam Destinasi Wisata Super Prioritas itu berada di Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Baca juga: DPR RI Tegaskan Lagi Dukungannya atas Anggaran Kemensos Rp92,817 T

Di Labuan Bajo, misalnya kata Abdul, ada delapan desa. Lalu di kawasan wisata Mandalika ada 13 desa dan di Kawasan Borobudur disiapkan 10 desa.

"Kawasan Danau Toba ada delapan desa dan destinasi wisata Likupang ada dua desa. Semua titik ini sudah siap," kata Menteri Desa PDTT.

Abdul juga mencontohkan, di Kabupaten Simalungun, titik desa terletak di Desa Pariksabungan, kemudian di Kabupaten Samosir titiknya di Desa Sosotdolok, Kabupaten Toba Samosir, titik di Desa Wisata Farabunga dan Parparean I.

Ia menuturkan, titik di desa wisata itu telah dikoordinasikan oleh Kemendes PDTT dengan Kementerian Pariwisata.

"Hal ini sudah didetaikan dan tinggal melangkah," kata Abdul.

Ia secara tegas menyatakan jika titik-titik yang ditentukan sudah siap untuk dilaksanakan dan akan turun langsung ke lapangan untuk mengecek langsung persiapan desa wisata tersebut. (OL-1)

BERITA TERKAIT