24 September 2020, 05:25 WIB

Pagu Anggaran Bansos Kemensos 2021 Turun


(Wan/Ant/H-3) | Humaniora

BESARAN anggaran bantuan sosial (bansos) pada 2021 akan berkurang sebagai dampak dari penurunan pagu anggaran Kementerian Sosial. Dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, kemarin, Menteri Sosial Juliari Batubara memaparkan pagu anggaran Kemensos 2021 sebesar Rp92,81 triliun, turun jika dibandingkan anggaran tahun ini yang mencapai Rp134,00 triliun.

Juliari mengatakan besaran anggaran itu sudah dibahas dengan Badan Anggaran DPR sebelumnya dan disepakati untuk menggunakan 99,21% dari pagu anggaran tersebut untuk bantuan sosial. "Pagu anggaran 2021 adalah Rp92, 81 triliun. Anggaran itu adalah 99,21% belanja nonoperasional terdiri dari belanja barang, modal dan terbesar bantuan sosial," kata Juliari.

Juliari juga meminta anggota Komisi VIII DPR yang duduk sebagai anggota Badan Anggaran DPR agar dapat membahas kemungkinan realokasi anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang lebih fleksibel, yakni anggaran PEN yang tidak bisa direalisasikan bisa direalokasi ke program lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily mengatakan program bantuan sosial yang ada di Kemensos sangat penting untuk memberikan pelindungan sosial kepada masyarakat, menjaga daya beli masyarakat, dan memperkuat stabilitas ekonomi.

"Kondisi tahun depan, bahkan mungkin dua tahun ke depan, mungkin masih terdampak covid-19. Harus diakui, ada kemungkinan resesi ekonomi pada akhir tahun. Mudah-mudahan pemulihannya bisa cepat," imbuhnya. (Wan/Ant/H-3)

BERITA TERKAIT