24 September 2020, 05:00 WIB

Empat Platform Digital Salurkan KUR


(Mir/E-3) | Ekonomi

Pemerintah memperluas penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) bagi UMKM dengan menggandeng mitra platform digital yaitu Gojek, Grab Indonesia, Tokopedia, dan Shopee Indonesia. Adapun penyaluran kredit dilakukan BRI, Bank Mandiri, dan BNI.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan hal ini sekaligus upaya pemerintah meningkatkan peran UMKM sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi. "Dalam situasi ini kita berharap platform digital dengan merchant-merchant-nya selain bisa menjadi akselerator juga memfasilitasi UMKM dan merchant bisa naik kelas," katanya di Jakarta, kemarin.

Airlangga mengatakan total KUR yang telah disalurkan bank penyalur mencapai Rp31,08 miliar kepada 294 debitur UMKM. Dari total itu di dalamnya terdapat penyaluran KUR Super Mikro sebesar Rp70 juta kepada 8 UMKM.

"Penyaluran KUR hari ini merupakan tahap awal yang akan ditindaklanjuti dengan penyaluran KUR kepada 12 juta UMKM mitra platform digital yang potensial menerima KUR," ujar Airlangga.

Realisasi KUR tersebut, kata dia, menambah kinerja penyaluran KUR sejak Januari hingga 18 September 2020 yang mencapai Rp111,21 triliun atau 58,53% dari target penyaluran KUR tahun 2020 sebesar Rp190 triliun. Penyaluran itu diberikan kepada 3,28 juta debitur.

Kualitas KUR juga disebut berada dalam kondisi yang baik. Sebab, tingkat non-performing loan (NPL/kredit bermasalah) tejaga di angka 0,87% hingga September 2020. Itu juga dikuatkan dengan permintaan penambahan plafon oleh beberapa penyalur KUR.

Dus, total plafon KUR tahun 2020 yang telah didistribusikan sebesar Rp208,85 triliun yang termasuk plafon KUR Super Mikro dan permintaan tambahan plafon KUR untuk skema lainnya sebesar Rp11,3 triliun.

"Upaya pemerintah dengan bantuan dari berbagai pihak, termasuk platform digital diharapkan dapat menumbuhkan kembali aktivitas usaha UMKM dan mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional," ujar Airlangga.

Di kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari mengungkapkan fokus perseroan saat ini diarahkan untuk menolong dan mendukung UMKM agar bertahan dan mampu bangkit dari tekanan dampak pandemi covid-19. (Mir/E-3)

BERITA TERKAIT