24 September 2020, 04:35 WIB

Perbaikan Jalan Mulai Dilakukan


YK/MS/N-3) | Nusantara

LAPORAN ke meja Fathul Huda soal kerusakan jalan dan jembatan sama derasnya dengan laporan terkait dengan covid-19. Namun, selama tujuh bulan terakhir, Bupati Tuban, Jawa Timur, itu, harus memprioritaskan penanganan pandemi.

Bulan depan, ia memastikan jalan-jalan yang rusak di wilayahnya akan mulai diperbaiki. "Lewat APBD Perubahan 2020, Tuban mulai menggulirkan pendanaan untuk infrastruktur. Sebatas perbaikan, belum melakukan pembangunan baru."

Kemarin, Fathul mengunjungi kondisi jalan poros desa dan kecamatan di wilayah Kecamatan Soko dan Parengan. Ia pun yakin perbaikan harus segera dilakukan.

"Perbaikan jalan dan jembatan yang rusak harus dilakukan. Ini juga upaya memulihkan perekonomian warga karena jika dibiarkan infrastruktur yang buruk akan sangat menghambat aktivitas mereka," tambahnya.

Ia juga meminta para camat di wilayahnya segera melakukan pendataan kondisi infrastruktur. Catatan mereka akan menjadi ajuan untuk program pembangunan di tahun depan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tuban, Agung Supriadi, menambahkan sejumlah jalan akan mendapat sentuhan perbaikan tahun ini. Tahun depan, beberapa jalan lain dipastikan mendapat kucuran dana perbaikan miliaran rupiah.

Sementara itu, Pemkab Sorong, Papua Barat, membidik pemulihan ekonomi di kalangan pelaku UMKM. Salah satu peran yang dilakukan pemkab ialah menggelar pelatihan manajemen usaha dan praktik pembuatan makanan berbahan dasar ikan.

"Sasarannya ibu rumah tangga supaya mereka bisa membantu penghasilan keluarga di masa pandemi. Kami merangkul Petrogas Ltd untuk bersama-sama membangun kembali ekonomi warga," kata Wakil Bupati Suka Harjono.

Untuk tahap pertama, pelatihan dilakukan di Kampung Arar, Distrik Mayamuk. (YK/MS/N-3)

BERITA TERKAIT