24 September 2020, 02:25 WIB

Shin Tae-yong Benahi Kekuatan Fisik


MI | Sepak Bola

JELANG laga uji coba melawan Bosnia-Herzegovina di Sveti Martinna Muri, Kroasia, besok malam, tim nasional (timnas) Indonesia U-19 masih membutuhkan pembenahan kekuatan fisik.

Hal itu diungkapkan pelatih kepala asal Korsel, Shin Taeyong, seperti dilansir dari Youtube PSSI, kemarin. “Secara keseluruhan pemain semakin membaik. Dari evaluasi laga ini, masalah masih terlihat di power pemain. Power pemain sangat kurang. Namun, untuk stamina saat ini semakin membaik,” kata Shin Tae-yong, juru taktik timnas Korsel ketika tampil di putaran final Piala Dunia 2018 Rusia itu.

“Jadi, kami membuat program penguatan fisik. Power ini memang menjadi masalah,” tambah Shin lagi.

Di bagian lain, laga menghadapi Bosnia itu menjadi pertandingan keenam Garuda Muda selama menjalani training center (TC) atau pemusatan latihan di Kroasia. Sebelumnya, Brylian Aldama dkk telah bertanding lima kali, tiga di antaranya pada ajang International U-19 Friendly Tournament yang juga diikuti Bulgaria, Arab Saudi, dan tuan rumah Kroasia.

Dari tiga laga itu, timnas U-19 menelan dua kali kalah dan sekali imbang. Setelah itu, Garuda Muda dua kali beruji coba kontra timnas Qatar U-19. Hasilnya, skuad asuhan Shin Tae-yong mampu menang 2-1 dan imbang 1-1.

Menghadapi Bosnia, Shin Tae-yong diprediksi akan kembali menurunkan komposisi terbaik setelah sempat melakukan beberapa rotasi saat dua kali uji coba melawan timnas Qatar U-19.

Irfan Jauhari berpeluang diduetkan dengan Saddam Emiruddin Gaffar di sektor depan. Sementara itu, David Maulana bisa kembali bermain sejak menit pertama, mendampingi Brylian Aldama di lini tengah.

Di luar teknis, timnas U-19 Indonesia juga terus menjaga asupan makanan. Pelatih fisik Lee Jae-hong mengingatkan pemain harus fit lantaran TC yang tengah dijalani bakal menguras tenaga. 

“Pola makan harus dijaga agar pemain terus dalam kondisi bugar dan fit. Dengan menu latihan yang bervariasi, pemain harus tahu apa saja yang mesti dimakan dengan pengawasan dari kami, seperti asupan karbohidrat, protein, sayuran, dan lain-lain,” ucapnya. (Mal/R-2)

 

BERITA TERKAIT