23 September 2020, 23:50 WIB

Barcelona 'Ikat' Fati dengan Klausul Pelepasan Rp7 Triliun


Widhoroso | Sepak Bola

BARCELONA rupanya tidak mau mengambil resiko kehilangan salah satu bintang muda mereka, Ansu Fati. Pemain timnas Spanyol yang masih berusia 17 tahun tersebut dipastikan akan bertahan lama di Nou Camp setelah mengikat kontrak jangka panjang dengan Barcelona.

Fati, 17, sepakat dengan perpanjangan kontrak hingga 2024 yang disodorkan Barcelona. Kontrak Fati, yang kini mengenakan seragam bernomor 22 yang ditinggalkan Arturo Vidal, awalnya akan berakhir pada dua musim mendatang.

Tidak hanya kontrak jangka panjang, Barcelona juga 'mengikat' Fati dengan klausul pelepasan yang mencapai US$468 juta atau sekitar Rp7 triliun. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari klausul pelepasan Fati dalam kontrak sebelumnya.

Barcelona secara resmi juga telah mengumumkan Fati akan menjadi pemain level senior menjelang ulang tahunnya yang ke-18 pada 31 Oktober mendatang. Ia diharapkan bisa memainkan peran lebih besar dalam tim selama musim baru La Liga yang dimulai akhir pekan lalu.

Pada usia 16 tahun 298 hari, Fati menjadi pemain termuda kedua dalam sejarah klub yang menjalani debut penuhnya saat menang 5-2 melawan Real Betis pada 25 Agustus 2019. Ia juga menjadi pencetak gol termuda Barcelona sepanjang masa saat menyumbang gol ketika Barcelona bermain imbang 2-2 dengan Osasuna seminggu kemudian.

Di timnas Spanyol, Fati menjadi pemain debutan termuda dalam kurun 74 tahun saat tampil melawan Jerman dan Ukraina dalam ajang UEFA Nations League melawan Jerman dan Ukraina awal bulan ini. Fatri juga menjadi pemain termuda Spanyol yang mampu mencetak gol dalam kurun 95 tahun terakhir

Setelah mendapat kepercayaan tampil untuk timnas Spanyol,
Fatri berjanji akan berjuang untuk mendapat tempat di skuat inti Barcelona yang kini ditangani Ronald Koeman.

"Saya akan terus berusaha. Saya akan berlatih keras. Jika mendapat kesempatan, saya akan memanfaatkan itu," ungkap Fati. (Goal/R-1)

BERITA TERKAIT